logo alinea.id logo alinea.id

Biaya transfer antarbank turun jadi Rp3.500 mulai September

Bank Indonesia memangkas biaya dan waktu proses transfer antarbank mulai 1 September 2019.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Jumat, 30 Agst 2019 17:13 WIB
Biaya transfer antarbank turun jadi Rp3.500 mulai September

Bank Indonesia mengeluarkan kebijakan baru mengenai sistem kliring nasional BI (SKNBI) yang mulai berlaku 1 September 2019. Aturan tersebut menetapkan biaya transfer antar rekening turun dari Rp5.000 menjadi Rp3.500 per transaksi.

Direktur Eksekutif Departemen Penyelenggaraan Sistem Pembayaran Edi Susianto mengatakan kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi sistem pembayaran Indonesia.
"Kalau sekarang bank itu boleh memungut biaya transfer maksimal Rp5.000 per transaksi. Ke depan kita turunkan menjadi maksimal Rp 3.500," katanya dalam konferensi pers di Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (30/8).

Sementara, besaran maksimal transaksi juga akan mengalami peningkatan. Sebelumnya, besaran maksimal hanya Rp500 juta. Dengan aturan baru tersebut ditetapkan maksimal transaksi mencapai Rp1 miliar per transaksi.

"Hal ini untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna, baik individu maupun perusahaan. Untuk transaksi dengan biaya yang lebih besar lagi," katanya. 

Sponsored

Bank Indonesia juga akan memangkas biaya transaksi menggunakan aplikasi online atau mobile banking ddari Rp1.000 menjadi Rp500.

Selain itu, Edi menuturkan, batas waktu pemrosesan transaksi antarbank juga akan dipersingkat dari sebelumnya membutuhkan waktu empat jam menjadi hanya satu jam saja. Ke depan, ia pun berharap waktu transaksi dapat dipersingkat lebih cepat lagi.

"Nanti ke depan kita perpendek jadi 1 jam untuk sampai meneruskan ke nasabah. Jadi yang tadinya 4 jam menjadi diperpendek jadi 1 jam maksimal, artinya bisa lebih cepat dari itu," tuturnya.