sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Cerita Maspion jalani bisnis melalui jualan online

Setelah jualan online, total omzet Maspion pada 202 naik hingga tiga kali lipat dibandingkan dengan 2019.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Kamis, 24 Jun 2021 22:18 WIB
Cerita Maspion jalani bisnis melalui jualan online

Berawal dari bisnis rumahan, Maspion Group kini merupakan salah satu bisnis lokal kebanggaan Indonesia. Sebelum menjadi besar seperti saat ini, perusahaan Maspion memiliki cerita yang unik, sederhana dan juga menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Pada 1965, Alim Husin, ayah dari Alim Markus mendirikan sebuah usaha kecil yaitu UD Logam DJawa yang memproduksi lampu teplok. Saat itu, jumlah karyawan hanya delapan orang dan dibantu oleh Alim Markus dalam bagian penjualan, administrasi, hingga keuangan.

Lewat perbincangannya bersama Shopee pada Kamis (24/6) CFO Maspion Group Welly Muliawan, menceritakan perjalanan Maspion hingga bisa dikenal oleh masyarkat. Dari lampu teplok, usaha ini berkembang dan memproduksi lampu badai untuk para nelayan dan pada akhir 1970-an, mulai merambah dan memproduksi kebutuhan rumah tangga dari bahan plastik seperti ember, baskom, hingga loyang. 

Di 1972, usaha keluarga Alim Husin semakin maju dan berkembang sehingga dirancang nama dan logo baru yaitu Maspion. Arti di balik Maspion menurut Alim Markus berangkat dari singkatan yaitu MASPION, M: Mengajak,  A: Anda, S: Selalu, P: Percaya, I: Industri, O: Olahan, N: Nasional.

Salah satu anak perusahaan dari Maspion Group adalah PT Maspion Elektronik (Maspion Electronic) yang dikenal sebagai produsen produk elektronik bermerek Maspion dan Uchida yang memproduksi peralatan elektronik bersamaan dengan peralatan dapur sejak 1975, lalu kembali berinovasi pada awal 1990-an untuk memproduksi kebutuhan rumah tangga elektronik lainnya, seperti kipas angin, penyejuk udara, mesin cuci, kulkas, pompa air serta dispenser air dengan merk Uchida. 

Dalam berbisnis, khususnya untuk produk lokal, terdapat tantangan tersendiri. Sejak awal berdiri Maspion terus berupaya untuk memahami berbagai karakteristik pelanggan. Persaingan yang ketat terjadi antar produsen elektronik yang kini memadati pasar, tak terlepas pada pasar e-commerce yang semakin hari, semakin tumbuh besar dan dapat dengan mudah diakses oleh lebih banyak calon konsumen. Hal tersebut merupakan tantangan yang dihadapi bukan hanya oleh Maspion, namun oleh semua brand. 

“Kami senang sekali dapat bekerja sama dengan Shopee, platform yang terus mendukung kemajuan dan perkembangan produk-produk lokal. Hadirnya Maspion di platform Shopee tidak hanya memberikan kemudahan akses bagi pembeli terhadap produk kami, tetapi menjadi salah satu solusi dan strategi bagi Maspion untuk beradaptasi di era digital dan memperkuat brand kami dalam ranah digital,” papar dia dalam diskusi online, Kamis (24/6).

Perjalanan adaptasi Maspion di era digital dan di balik kesuksesannya bersama Shopee membuahkan pencapaian, bahwa selama tiga tahun ini Shopee memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan online presence dan brand awareness dari Maspion melalui exposure yang diberikan kepada official shop yang dimiliki Maspion di Shopee, sehingga sekarang sudah dapat menjadi top of mind untuk kategori produk elektronik lokal buatan Indonesia.

Sponsored

Dengan adanya ragam program seperti live streaming, TV Show, dan penawaran menarik telah berhasil memberikan dampak positif pada kesuksesan bisnis Maspion. 

Tepatnya di 2020, satu tahun setelah memutuskan untuk menjadi mitra brand Shopee, total omzet Maspion naik hingga tiga kali lipat dibandingkan dengan 2019. Pada 2021, meski masih di pertengahan tahun, omzet Maspion sudah menyamai pencapaian total omzet di 2020, dengan target pertumbuhan dua kali lipat dari 2020. Tak hanya itu, hadirnya Maspion dalam kampanye besar pada tanggal cantik di Shopee selalu dihiasi dengan tingginya antusiasme masyarakat untuk berbelanja produk elektronik lokal dari Maspion.

Perjalanan Maspion dalam memperkenalkan produk elektronik rumah tangga buatan lokal yang berkualitas berbuah manis. Optimisme untuk dapat mencetak performa bisnis yang lebih baik lagi tumbuh ketika Maspion sukses mengalami peningkatan pesanan hingga 14 kali lipat pada puncak kampanye Shopee 12.12 di 2020 dibandingkan dengan hari biasa. 
 

Berita Lainnya
×
tekid