sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Rizal Ramli: Covid-19 bawa perubahan pola transportasi dan logistik

Dampaknya penjualan lewat distributor besar anjlok, akan digantikan oleh pengiriman barang langsung ke customer.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Selasa, 22 Des 2020 18:17 WIB
Rizal Ramli: Covid-19 bawa perubahan pola transportasi dan logistik

Covid-19 membawa peralihan dan disrupsi yang luar biasa terhadap sektor ekonomi. Ekonom Senior Rizal Ramli mencontohkan, teman pengusahanya yang memiliki ratusan mal, saat ini malnya nyaris tidak memiliki pengunjung.

"Dampaknya penjualan lewat distributor besar anjlok, akan digantikan oleh pengiriman barang langsung ke customer. Dipesan online, langsung dari produsen ke pelanggan. Ini akan mengubah pola transportasi," tutur Rizal, Selasa (22/12).

Oleh karena itu, dia ingin pekerja transportasi memahami pola ini dan menyesuaikan cara kerja dengan perubahan yang terjadi. Sebab, Covid-19 membawa perubahan pada pola transportasi dan logistik.

"Mau tidak mau, semua akan tergantung pada online, pola kerja, memesan barang, membeli sesuatu. Setelah Covid-19 ini, tidak ada pilihan kecuali online," ucapnya. 

Dia melanjutkan, sebelum ada Covid-19 pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah melambat, dan penurunannya semakin dalam setelah terjadi Covid-19.

Rizal pun khawatir pola pemulihan ekonomi akan berbentuk seperti huruf W dan akan memakan waktu hampir dua tahun untuk pulih. Sehingga, akan memberikan dampak yang besar kepada pekerja di sektor transportasi.

Untuk itu, dia mengimbau pekerja transportasi untuk semakin kuat dan kompak dalam federasinya selama pandemi Covid-19. Menurutnya, federasi menjadi satu-satunya nilai tawar yang dimiliki pekerja transportasi kepada pemerintah dan pemilik usaha.

"Saya anjurkan perkuat persatuan, bikin federasi lebih kompak, fokus ke hal-hal penting, sehingga kesejahteraan pekerja tidak lebih anjlok dari anjloknya ekonomi," kata

Sponsored
Berita Lainnya