sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

IPO, saham Trinitan Metals dan Minerals langsung naik 50%

Trinitan meraih dana segar sebesar Rp100 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk membeli mesin.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Rabu, 09 Okt 2019 10:30 WIB
IPO, saham Trinitan Metals dan Minerals langsung naik 50%

PT Trinitan Metals dan Minerals Tbk. resmi mencatatkan sahamnya di pembukaan perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (9/10). Emiten berkode PURE ini menjadi perusahaan ke-40 yang tercatat di BEI sepanjang 2019.

Perusahaan melepas 333 juta lembar saham dengan harga penawaran Rp300 per saham. Dengan demikian, dana yang berhasil dihimpun oleh perseroan melalui IPO ini adalah sebesar Rp100 miliar.

Saat pembukaan perdagangan, saham PURE dibuka naik 50% sebanyak 150 poin ke level Rp450 per lembar saham. Pada pembukaan perdagangan perdana, saham PURE diperdagangkan sebanyak satu kali dengan volume satu lot dengan nilai Rp45.000.

Direktur Utama PURE Richard Tandiono mengatakan, dana yang diperoleh dari hasil IPO ini setelah dikurangi seluruh biaya-biaya emisi saham, sebesar 76,28% akan digunakan untuk belanja modal.

Belanja modal perusahaan ditujukan untuk pembelian mesin dan peralatan seiring dengan pengembangan kegiatan usaha, serta penambahan area produksi di Cicadas, Bogor.

"Sisanya sebesar 23,72% akan digunakan untuk modal kerja Perseroan," kata Richard di BEI, Jakarta (9/10).

PURE adalah emiten pengolah logam dan bahan mineral (smelter) yang berfokus pada penggunaan teknologi yang ramah lingkungan dan dengan produk akhir berupa Timbal (Pb) dan Antimoni (Sb).

Richard mengatakan, perseroan akan meningkatkan kinerja dengan mengembangkan produk-produk baru seperti Ekstraksi Perak (Ag), Nikel (Ni), Timah Putih (Sn) dan Bismuth (Bi) pada 2023.

Sponsored

Saat ini produk perseroan sudah dipasarkan sekitar 56% di pasar lokal dan 44% diekspor ke beberapa negara seperti Malaysia, Thailand, Korea, Jepang, China, dan Fiji.

Perusahaan saat ini memiliki satu pabrik di Parung, Bogor dengan kapasitas produksi per tahun sebesar 39.700 MT. Dalam waktu dekat perseroan berencana meningkatkan kapastitas produksi untuk memenuhi demand dari pelanggan dalam dan luar negeri.