sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Distribusi BLT capai 100%, Kemenkeu nobatkan Kobar terbaik se-Kalteng

Gerak cepat Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), mampu membuat pendistribusian BLT-DD menjadi tepat dan tidak tumpang tindih.

Tri Kurniawan
Tri Kurniawan Jumat, 24 Jul 2020 14:07 WIB
Distribusi BLT capai 100%, Kemenkeu nobatkan Kobar terbaik se-Kalteng
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 939.948
Dirawat 149.388
Meninggal 26.857
Sembuh 763.703

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dinobatkan sebagai pemerintah daerah dengan kinerja terbaik dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa (BLT-DD) 2020 se-Kalteng oleh Kementerian Keuangan, Selasa (23/6).

Hal tersebut didapat setelah pendistribusian BLT-DD mencapai 100% dan nihil keluhan dari masyarakat Kobar. Selain itu, gerak cepat Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), mampu membuat pendistribusian BLT-DD menjadi tepat dan tidak tumpang tindih dengan program bantuan sosial lainnya, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai (BST). 

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) dan Dinas Sosial (Dinsos) juga kerap meninjau langsung penyaluran BLT-DD hingga ke tingkat desa. Beberapa desa yang dikunjungi oleh Dinsos dan DPMD yakni, di Desa Kubu, Desa Teluk Bogam, dan Desa Sungai Bakau pada Jumat (5/6).

Kepala DPMD Kobar Hardaniyanti, mengatakan pemkab juga menggandeng Bank Kalteng Cabang Pangkalan Bun dalam mendukung kelancaran pencairan dana BLT DD tersebut. Koordinasi dan pengerahan petugas bank yang bagus membuat distribusi bantuan menjadi optimal.

Kolaborasi pemkab dengan pihak swasta dalam pendistribusian bantuan Covid juga tidak bisa dianggap remeh. Sejumlah pihak swasta yang digandeng antara lain, PT CBI Group, PT Sawit Sumbermas Sarana, PT Bumitama Gunajaya Abadi, dan PT Kapuas Prima Coal.

Dalam beberapa kesempatan, pemkab bersama-sama pihak swasta turun ke lapangan memberikan bantuan sembako, seperti minyak goreng, beras, gula, dan mie instan. Selain itu, mereka juga memberikan bantuan alkes bagi tenaga medis dan petugas lapangan beberapa OPD, seperti petugas kebersihan DLH dan petugas lapangan Disdukcapil. 

“Pemkab Kobar akan terus berupaya maksimal dalam membantu masyarakat, khususnya di dalam menghadapi pandemi Covid–19,” pungkas Bupati Kobar Nurhidayah.

Dalam kesempatan berbeda, bupati menggandeng Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) untuk menjaga kinerja dan mempertahankan gelar juara tersebut. Untuk memaksimalkan bantuan, bupati mengaku akan terus hadir hingga tingkat desa demi masyarakat sejahtara. 
 

Sponsored
Berita Lainnya
×
img