sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ditargetkan beroperasi Desember, Pelabuhan Patimban dikebut

Pelabuhan Patimban diprediksi dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Jumat, 20 Nov 2020 18:12 WIB
Ditargetkan beroperasi Desember, Pelabuhan Patimban dikebut
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 502.110
Dirawat 63.722
Meninggal 16.002
Sembuh 422.386

Pemerintah tengah mengakselerasi pembangunan pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, sebagai proyek strategis nasional (PSN). Pelabuhan tersebut ditargetkan rampung November ini, dan dapat dioperasikan di Desember mendatang.

"Saya optimistis dapat menyelesaikan Patimban ini pada akhir November, diharapkan kami bisa mulai grand opening Desember, Insya Allah Presiden bisa hadir," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dalam diskusi online, Jumat (20/11).

Dia mengungkapkan, sebagai PSN, Pelabuhan Patimban diharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional di tahun-tahun mendatang. Pasalnya, Patimban akan dioperasikan sebagai pelabuhan internasional untuk mendorong perdagangan melalui produk ekspor Indonesia.

"Tujuannya menekan biaya logistik nasional, termasuk meningkatkan efisiensi ekspor produk Indonesia ke luar, khususnya otomotif," ujarnya.

Dia melanjutkan, target penurunan biaya logistik ini erat kaitannya dengan konsep hub dan spoke, karena pemerintah menginginkan menjadi hub terkemuka di kawasan ASEAN. 

Selain itu, Pelabuhan Patimban juga akan digunakan untuk pengangkutan bahan bakar minyak (BBM), memaksimalkan truk, memperkuat ketahanan ekonomi, dan yang paling penting menyediakan backup outlet dari pelabuhan.

"Kami tahu angkutan di ibu kota begitu berat. Dengan adanya Patimban, pergerakan angkutan berat sebagian pindah ke Patimban, dan membuat ibu kota bertambah baik dan tidak macet. Kami pastikan Patimban menjamin keselamatan pelayaran dan eksplorasi migas," ucapnya.

Sebagai pengungkit ekonomi, Pelabuhan Patimban nantinya juga akan difokuskan untuk aktivitas ekspor dan impor otomotif, serta membangun kawasan industri agar mendekatkan sektor industri dan pelabuhan sehingga dapat menghemat ongkos logistik.

Sponsored

"Semakin dekatnya industri dan pelabuhan, maka terjadi efisiensi bagi logistik nasional," tuturnya.

Untuk mendukung akses pengguna, di sekitar Pelabuhan Patimban juga akan dibangun infrastruktur pendukung seperti jalan tol. Selain itu, pelabuhan tersebut diyakini dapat membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar ketika beroperasi.

"Kami berkoordinasi dengan Kementerian PU, dua tahun lagi akan ada jalan tol, dalam waktu dekat ini sudah ada jalan-jalan yang diperbaiki, agar angkutan ke Patimban berjalan dengan baik," ucapnya.

Menjinakkan La Nina demi ketahanan pangan

Menjinakkan La Nina demi ketahanan pangan

Senin, 23 Nov 2020 16:42 WIB
Efek domino kekerasan perempuan berbasis online

Efek domino kekerasan perempuan berbasis online

Minggu, 22 Nov 2020 14:48 WIB
Berita Lainnya