sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Erick Thohir angkat Kang Dede jadi Komisaris Pelni

Kang Dede dikenal sebagai pendukung loyal Jokowi sejak perhelatan pemilihan presiden 2019.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Senin, 02 Nov 2020 19:30 WIB
Erick Thohir angkat Kang Dede jadi Komisaris Pelni
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan perombakan jajaran komisaris di tubuh PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero), Senin (2/11).

Salah satu yang diangkat adalah Kristia Budiyarto atau yang lebih dikenal dengan nama beken Kang Dede sebagai Komisaris Independen, menggantikan Widodo Hario Mumpuni. 

Pengangkatan tersebut berdasarkan pada surat Kementerian BUMN Nomor: SK-354/MBU/11/2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelayaran Nasional Indonesia.

"Posisi Marwanto Harjowiryono selaku Komisaris digantikan oleh Iwan Taufiq Purwanto dan Widodo Hario Mumpuni selaku Komisaris Independen digantikan oleh Kristia Budiyarto," tulis keterangan resmi Pelni, Senin (2/11).

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Yahya Kuncoro mengatakan pergantian komisaris merupakan langkah Kementerian BUMN selaku pemilik modal guna memperkuat perusahaan terutama di masa adaptasi kebiasaan baru. 

“Hari ini kami telah menerima komisaris baru di Pelni, manajemen berharap dengan kehadiran dua komisaris baru di Pelni dapat mendukung dan menyukseskan visi misi perusahaan serta dapat mengembangkan potensi bisnis perusahaan,” ujarnya.

Dengan demikian, susunan anggota dewan komisaris PT Pelni yang baru terhitung pada tanggal 2 November 2020 adalah sebagai berikut:

  1. Ali Masykur Musa : Komisaris Utama
  2. Haryo Indratno : Komisaris
  3. Wahju Aji : Komisaris
  4. Eddy Susanto Soepadmo : Komisaris
  5. Iwan Taufiq Purwanto : Komisaris
  6. Kristia Budiyarto: Komisaris Independen

Pelni sebagai perusahaan pelat merah yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini mengoperasikan 26 kapal penumpang, menyinggahi 83 pelabuhan, serta melayani 1.100 ruas.

Sponsored

Selain angkutan penumpang, Pelni juga mengoperasikan 45 trayek kapal perintis untuk melayani mobilitas penduduk di daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP) dengan total 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas yang dilayani. Pelni juga mengoperasikan 20 kapal Rede serta empat kapal barang, tujuh kapal tol laut dan satu kapal khusus ternak.

Sebagai informasi, Kang Dede sendiri dikenal sebagai pendukung loyal Jokowi sejak perhelatan pemilihan presiden pada 2019 lalu. 

Lewat akun terverifikasinya di Twitter, @kangdede78, kerap mencuitkan informasi bernuansa dukungan kepada setiap tindak-tanduk Jokowi dan kelompok afiliasi politiknya. Secara langsung atau tidak, yang dilakukan Kang Dede telah menghantarkan Jokowi kepada tampuk kekuasaan sebagai Presiden Indonesia.

Sementara itu, saat dikonfirmasi wartawan, Kang Dede mengatakan belum dapat berkomentar banyak terkait pengangkatan dirinya sebagai Komisaris Independen Pelni. Dia hanya mengatakan akan terus fokus untuk bekerja sesuai visi Jokowi.

"Saya belum bisa berkomentar apa-apa, yang pasti, yang perlu saya lakukan adalah kerja, kerja, kerja sesuai dengan visi dan tujuan Pak Jokowi,” ujarnya.

Berita Lainnya