sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Erick Thohir melantik kepengurusan MES DKI Jakarta periode 2020-2023

Kepengurusan baru tersebut mampu meningkatkan ekonomi Indonesia dengan menggerakkan ekonomi yang berbasis syariah terutama wilayah ibu kota.

Tri Kurniawan
Tri Kurniawan Senin, 19 Apr 2021 15:06 WIB
Erick Thohir melantik kepengurusan MES DKI Jakarta periode 2020-2023

Pengurus Wilayah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta masa bakti periode 2020-2023 resmi dilantik Ketua Umum MES Erick Thohir di Hotel Ambhara Jakarta Selatan, Sabtu (17/4). Pelantikan ini juga dihadiri oleh Sandiaga Salahuddin Uno, selaku Ketua Dewan Pembina MES DKI Jakarta.

Pelantikan ini dilakukan setelah kepengurusan MES DKI Jakarta melakukan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) di tempat yang sama, dengan mengangkat tema: Mewujudkan Ekonomi Syariah Yang Terbuka dan Berkelanjutan. 

Menurut Ketua panitia dan juga Sekjen MES DKI Jakarta Diantri Lapian, pelaksanaan rapat kerja dan pelantikan ini, dilakukan secara offline dengan protokol kesehatan ketat. Selain 3M, para peserta juga wajib melakukan tes antigen yang disediakan panitia, dua jam sebelum acara dimulai.

Rapat Kerja Wilayah yang diikuti oleh 10 Bidang dan satu Badan Otonomi (BANOM) ini, membahas program kerja serta kolaborasi dan sinergi antara MES DKI Jakarta, dengan mitra kerja serta sinergi antar-Bidang dan Banom. Rapat kerja ini dilakukan sebagai acuan dalam pelaksanaan program kerja selama 2021, yang sebenarnya sudah mulai dibahas dan berjalan sejak Januari 2021. Hanya lebih di pertajam dan disesuaikan dalam rapat kerja MES DKI.

Ketua Umum MES Pusat Erick Thohir berharap, kepengurusan baru tersebut mampu meningkatkan ekonomi Indonesia dengan menggerakkan ekonomi yang berbasis syariah terutama di wilayah ibu kota.

“Secara resmi kepengurusan MES DKI Jakarta saya lantik. Saya harap pengurus yang baru dilantik bersedia menjalankan tugas yang sudah diamanatkan, dan menjalankannya dengan sepenuh hati. Saya juga menantang MES DKI menjadi motor produsen produk halal yang bisa di ekspor ke seluruh dunia,” ujarnya.

Serupa dengan Erick Tohir, Sandiaga salahudin Uno selaku Dewan Pembina MES DKI Jakarta menegaskan, MES DKI Jakarta harus menjadi organisasi yang berpihak pada rakyat. Salah satu contoh kecilnya dengan mendorong seluruh anggota MES DKI Jakarta menggunakan produk lokal. Kemudian mendorong kepengurusan MES DKI Jakarta periode 2020-2023 bisa optimal dalam menjalankan tugasnya.

Secara gamblang, MES mempunyai visi membentuk ekonomi dan keuangan syariah yang berkontribusi signifikan dalam ekosistem perekonomian nasional. Kepengurusan MES Pusat 2021-2023 juga telah menargetkan terciptanya peningkatan kesejahteraan, usaha syariah, serta daya saing global pelaku usaha di Indonesia.

Sponsored

Hal itu diharapkan membuat MES DKI Jakarta dapat menghadirkan terobosan kreatif dan inovatif. Guna memacu pemulihan ekonomi yang tengah terpuruk akibat badai pandemi yang belum berakhir.

Ketua Umum MES DKI Jakarta Tito Maulana mengaku, telah mempunyai sejumlah program yang akan dilakukan selama setahun ke depan. Salah satu program utama adalah meluncurkan aplikasi PASYAR (Pasar Syariah).

“Surat keputusan (SK) itu sudah ada dari Desember, tetapi resminya kami dilantik hari ini. Seperti yang dintruksikan Ketum MES Pusat, ada program yang harus dijalankan. Terutama untuk memajukan ekonomi syariah. Salah satunya adalah meluncurkan aplikasi berbasis syariah khusus untuk wilayah Jakarta,” jelas Tito.

Dengan aplikasi tersebut, para pelaku ekonomi syariah akan mendapatkan permodalan bersifat syariah dari Asosiasi Fintec Indonesia yang juga berbasis syariah. 

“Yang utama dalam setahun ke depan adalah memajukan ekonomi syariah, khususnya di Jakarta dengan merangkul pelaku UMKM dengan basic syariah. Kami berharap mereka mendaftarkan usahanya ke aplikasi tersebut dan mendapatkan modal. Tentu saja nanti ada kurasi yang dilakukan secara online saat mendaftar,” katanya.

Selanjutnya untuk mengimplementasikan program, dilakukan kolaborasi dengan para mitra kerja dan diawali dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) setelah acara pelantikan dengan para mitra kerja.

Yaitu dengan  PT Jatelindo Perkasi Abadi yang bekerja sama pada sistem pembayaran dalam aplikasi market place. ESQ Business School di bidang pendidikan. PT Villano Motor, sebuah perusahaan motor listrik lipat buatan Indonesia yang ramah lingkungan dapat digunakan di lokasi wisata ramah muslim dan touring.

Selain itu, MoU di bidang promosi dan pemasaran dengan Yayasan Indonesia Respon dalam hal program keagamaan, ekonomi dan kemanusiaan. Fatih Indonesia, produsen pakaian batik kerja sama di bidang marketing, merchandise dan ekspor. Serta PT Nusa Sistem Solusi kerja sama di bidang aplikasi market place PASYAR.

Sekadar informasi, beberapa pengurus MES DKI Jakarta yang mendampingi Tito Maulana, diantaranya Fuddy Heruzady sebagai wakil ketua umum I, dan Muhammad Assad sebagai wakil ketua umum II. Adapun sekjen adalah Diantri Lapian dan bendahara umum M Haris Analeg.

MES DKI Jakarta yang fokus di pengembangan perekonomian syariah, dikenal cukup aktif di berbagai kegiatan berskala lokal, nasional, maupun internasional. Salah satu programnya yang cukup dikenal adalah menggelar wisata olahraga berskala internasional di Pulau Tidung pada 2018.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid