sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Euforia tanggal kembar: Bertabur diskon dan bebas ongkir di e-commerce

Tanggal kembar, seperti 10.10, 11.11, hingga 12.12, adalah momen khusus yang digunakan ecommerce untuk menebar diskon dan gratis ongkir.

Tim Alinea.id
Tim Alinea.id Kamis, 23 Nov 2023 14:19 WIB
Euforia tanggal kembar: Bertabur diskon dan bebas ongkir di e-commerce

Siapa yang tidak suka diskon? Ya, promo potongan harga tentu akan menggiurkan bagi siapa saja. Tak heran jika tawaran harga miring yang ditebar di e-commerce saat tanggal kembar seperti 10.10 dan 11.11 selalu diserbu oleh masyarakat. 

Clara, salah satunya. Dia mengaku selalu menantikan tanggal kembar di setiap bulannya. "Sudah harganya turun banget, masih ada juga potongan harga. Gimana enggak kalap tuh aku?" katanya kepada Alinea.id

Sabtu (11/11) dini hari, perempuan yang akrab disapa Ra ini mengaku, telah men-checkout beberapa barang. Dua buah novel; journaling kit yang meliputi stiker, washi tape dan kertas buku vintage; serta skincare seperti pelembab muka (moisturizer) dan sunscreen adalah barang-barang yang masuk ke keranjang belanja online-nya. 

"Aku juga belikan mamaku mixer. Karena dia mau coba bikin dessert buat jadi menu baru di toko," ujar perempuan yang kini fokus untuk mengelola kafe keluarganya itu. 

Jika novel, journaling kit dan skincare dibelinya karena 'khilaf', pembelian mixer justru sudah direncanakannya sejak lama. Karena harga yang cukup mahal, Clara pun berniat membeli peralatan dapur itu pada momen 11.11. 

"Lumayan dapatnya. Dari yang tadinya hampir Rp700.000-an jadi cuma Rp557.000. Itu sudah sama ongkir dan aku pake promo diskon ongkir (ongkos kirim), bebas ongkir, sama ada cashback juga," jelasnya. 

Ilustrasi e-commerce menawarkan promo potongan harga dan gratis ongkos kirim. Foto Freepik.

Baginya, momen diskon tanggal kembar sangat membantu. Karena dapat menghemat sedikit pengeluaran, namun tetap bisa mendapatkan barang yang diinginkan. 

Sponsored

"Karena kalau enggak ada diskonan gini tuh, sekarang mahal. Mana gratis ongkir juga sekarang udah jarang kan. Enggak semua toko ngasih kalau pas hari biasa," keluh perempuan 27 tahun itu.

Pada momen tanggal kembar, e-commerce di Tanah Air serempak mengumbar diskon. Salah satunya Tokopedia. Perusahaan teknologi anak bangsa itu menghadirkan beragam inisiatif yang memungkinkan masyarakat belanja online lebih hemat, seperti kampanye WAR Diskon Tokopedia setiap hari pukul 14.00 WIB. Melalui kampanye ini, masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk dari beragam kategori dengan diskon besar-besaran.

“WAR Diskon Tokopedia disambut sangat baik oleh masyarakat. Promo ini turut berkontribusi dalam mendorong peningkatan transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan 12 kali lipat pada 10 Oktober 2023 (momen 10.10) jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan September 2023,” tutur Associate Vice President Product Campaign and Promotions Tokopedia, Helena, Selasa (21/11).

Bebas ongkir tanpa batas

Tak hanya diskon, gratis ongkir juga menjadi alasan warga Indonesia berbelanja online. Hal itu diakui pemilik toko online Cabello, Adita. Menurutnya, transaksi pembelian di tokonya naik lima kali lipat saat tanggal kembar. 

Tingginya transaksi salah satunya dipicu oleh pembeli di luar daerah yang memanfaatkan program gratis ongkir.

“Misalnya, pengiriman paket dari Jakarta ke Yogyakarta pada hari normal mencapai Rp20.000, namun di tanggal kembar itu jadi bebas ongkir. Alhasil, order belanja pun semakin tinggi,” ujarnya kepada Alinea.id.

Mengutip laporan firma riset We Are Social berjudul 'Digital 2023 Indonesia', sepanjang 2022 hingga awal 2023, sebanyak 178,9 juta warga Indonesia membeli barang secara online. Angka itu naik 12,8% secara tahun-ke-tahun (yoy). Total transaksi yang tercatat di platform e-commerce sebesar US$55,97 miliar atau setara Rp 849 triliun. 

Menurut laporan tersebut, sebanyak 54,9% mengaku tertarik dengan manfaat gratis ongkos kirim yang kerap menjadi bahan promosi di berbagai e-commerce.

Tokopedia, sebagai bagian dari ekosistem Grup GoTo juga menghadirkan keuntungan yang lebih banyak, ada bebas ongkir tanpa batas dan bebas biaya jasa aplikasi. Kemudahan itu bisa didapatkan pada layanan dan paket berlangganan ‘PLUS’.

“Kini pengguna bisa memanfaatkan PLUS untuk menikmati berbagai produk berlogo ‘PLUS’ dengan lebih banyak manfaat. Salah satunya adalah bebas ongkir tanpa batas dan tanpa minimal transaksi, dengan ongkir mulai dari Rp8.000 untuk pengiriman same-day. Bahkan kini masyarakat juga bisa pakai PLUS untuk mendapatkan keuntungan bebas ongkir untuk setiap GoFood,” ujar Head of Communications Tokopedia (GoTo E-commerce), Aditia Grasio Nelwan, dalam keterangan resminya. 

Layanan dan paket berlangganan PLUS hadir pada pertengahan 2022 lalu, sebagai salah satu sinergi strategis antar ekosistem di dalam Grup GoTo dan mitra strategis serta upaya dalam memberi nilai tambah bagi pengalaman belanja online masyarakat. Layanan itu menjawab tantangan logistik terkait dengan biaya pengiriman.

Kehadiran PLUS pun disambut dengan antusiasme tinggi dari masyarakat, terbukti dari data Tokopedia yang mencatat pada September 2023, jumlah pengguna aktif PLUS meningkat hampir 6 kali lipat dibandingkan sebulan setelah PLUS diluncurkan pada pertengahan 2022 lalu.

Berkat kolaborasi Tokopedia bersama para mitra strategis, baik penjual, pembeli dan berbagai pihak lainnya, selama semester I-2023 kategori Rumah Tangga, Otomotif, Fesyen, Elektronik serta Hobi dan Gaya Hidup menjadi beberapa kategori produk yang paling diminati masyarakat saat belanja online lewat Tokopedia.

PLUS juga menghadirkan sederet keuntungan lain bagi pengguna, termasuk layanan pelanggan prioritas Tokopedia Care, promo eksklusif dan potongan harga melalui kolaborasi dengan para mitra strategis terhubung dengan grup GoTo yang akan terus bertambah ke depannya.

Infografik Belanja online lebih hemat dengan 'PLUS'. Alinea.id/Catharina.

Cara mendaftar PLUS sangat mudah, pengguna yang memenuhi kriteria dapat mendaftar melalui halaman utama Tokopedia atau saat melakukan checkout. Masyarakat pun dapat menikmati layanan PLUS dengan biaya langganan yang makin hemat sampai 13 November 2023. Misalnya, untuk paket langganan PLUS 1 bulan, ada diskon 50% menjadi Rp25.000. Untuk paket langganan 3 bulan, ada diskon 70% menjadi Rp45.000, atau Rp15.000 per bulan. Sedangkan untuk paket langganan 6 bulan, ada diskon 80% menjadi Rp60.000, atau Rp10.000 per bulan.

Saat ini PLUS bisa digunakan oleh masyarakat di pulau Jawa dan akan terus bertambah di wilayah lainnya. Sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (three zeroes), yaitu Nol Hambatan (zero barriers); kehadiran serta keuntungan PLUS ke depannya diharapkan dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Indonesia agar bisa merasakan kemudahan dalam bertransaksi online.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid