sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jelang 100 hari bertugas, Sandi: Banyak PR di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif

Sandiaga yakin pariwisata adalah bagian dari solusi, bukan masalah dari penyebaran Covid-19.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Senin, 22 Mar 2021 11:02 WIB
Jelang 100 hari bertugas, Sandi: Banyak PR di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengaku masih banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi sektor parekraf. Hal itu disampaikan Sandiaga menjelang 100 hari bertugas sebagai pembantu Presiden Joko Widodo setelah dilantik pada 23 Desember 2020 lalu. 

"Kami all out dalam 100 hari pertama ini. Hampir 90 hari saya bertugas, memang banyak sekali PR (pekerjaan rumah)-nya," kata Sandi, Senin (22/3). 

Sesuai dengan arahan presiden, lanjutnya, pihaknya akan memulihkan sektor ini dengan membaginya menjadi empat pilar utama. Pertama, menurutnya harus menjadi penebar semangat dan motivasi. Pasalnya, banyak pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif saat ini mengalami tekanan yang luar biasa. 

Pilar kedua adalah agar pelaku parekraf bisa bangkit kembali atau melihat peluang dengan adaptasi, baik dari sisi teknologi hingga menggunakan protokol kebersihan, kesehatan, keamanan, dan ramah lingkungan atau cleanliness, health, safety, environment (CHSE), sebagai strategi bertahan dan bangkit kembali.

Sponsored

"Kemudian pilar desa wisata di Indonesia. Ada 244 desa wisata yang sudah diprogramkan, bagaimana mereka bisa inklusif dan ikut merangkul teman-teman yang ada di sektor ekonomi terbawah," ujar dia.

Pilar terakhir menurutnya adalah menyampaikan jika pariwisata adalah bagian dari solusi, bukan masalah. Pasalnya, selama ini pariwisata dianggap sebagai biang keladi penularan Covid-19. 

"Kami justru terdepan dalam mendorong fasilitas, terdepan dalam mendorong testing, tracing, dan treatment. Harus tegas. Kami sampaikan ke masyarakat, bahwa pariwisata dan ekonomi kreatif adalah bagian dari solusi," ucapnya. 

Berita Lainnya

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB

ICW: Tuntutan 11 Tahun Juliari Sangat Rendah

Kamis, 29 Jul 2021 18:48 WIB

2 varian Xiaomi Mi MIX 4 muncul di TENAA

Kamis, 29 Jul 2021 15:17 WIB