sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Indeks keyakinan konsumen naik, IHSG ditutup menghijau

Rilis data kepercayaan konsumen di April yang naik 7,6 poin, tertinggi sejak Maret 2020, mendorong sebagian besar saham menguat.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Senin, 10 Mei 2021 16:50 WIB
Indeks keyakinan konsumen naik, IHSG ditutup menghijau

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,80% ke level 5.975 pada perdagangan Senin (10/5).

Tercatat sebanyak 14,4 miliar saham diperdagangkan dengan nilai transaksi mencapai Rp9,2 triliun. Sebanyak 294 saham naik ke zona hijau dan 209 saham turun ke zona merah.

Investor asing melakukan aksi beli bersih senilai Rp283 miliar di seluruh pasar dan Rp329 di pasar reguler. Saham PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG) dan PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) menjad tiga saham yang paling banyak dibeli asing di pasar reguler.

Riset penutupan Pilarmas Investindo Sekuritas menyebut, dari dalam negeri, rilis data consumer confidence yang menunjukkan adanya optimisme pada bulan April mendorong sebagian besar harga saham kembali menguat awal pekan ini. 

Sponsored

Bank Indonesia (BI) melaporkan consumer confindence pada April mengalami kenaikan 7,6 poin ke level tertinggi dalam 13 bulan terakhir. Kenaikan tersebut menjadi pertama kalinya ke area positif sejak Maret 2020, ketika pandemi Covid-19 memberikan tekanan pada kepercayaan konsumen. 

"Perlahan, kepercayaan dari konsumen yang berada pada tren kenaikan diiringi juga dengan penguatan rupiah yang sejalan dengan masuknya aliran modal asing pada minggu pertama bulan Mei 2021," tulis Pilarmas Sekuritas. 

BI mencatat aliran modal asing masuk ke pasar keuangan domestik pada awal Mei mencapai Rp1,97 triliun. Sementara itu, total aliran modal asing yang keluar pada pasar keuangan domestik selama 2021 mencapai Rp770 miliar.

Berita Lainnya