sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jawa Timur siap kirimkan 1000 ekor sapi ke Kalimantan Barat

Sekarang dalam proses pelengkapan prasyaratan yang diperlukan untuk mengirimkan sekitar 1000 ekor sapi ke Kalimantan Barat. 

 Ghina Mita Yuniarsih
Ghina Mita Yuniarsih Kamis, 06 Okt 2022 21:32 WIB
Jawa Timur siap kirimkan 1000 ekor sapi ke Kalimantan Barat

Satgas PMK telah menerbitkan SE Satgas No. 6 Tahun 2022 tentang Pengendalian Lalu Lintas Hewan dan Produk Hewan Rentan PMK Berbasis Kewilayahan. Surat edaran ini dibuat untuk menanggulangi kondisi persebaran virus penyakit mulut dan kuku di berbagai daerah Indonesia yang dapat mengancam kesehatan hewan berkuku genap dan belah. Bukan hanya itu saja, penyakit tersebut juga mengakibatkan dampak besar bagi perekonomian Indonesia. 

Surat edaran tersebut untuk pengaturan pengendalian lalu lintas hewan rentan PMK dan produk turunannya dengan berbasiskan pada kewilayahan. 

Secara rinci, lalu lintas hewan rentan PMK, produk segar, dan produk olahan diatur pada tingkat kabupaten/kota. Terdapat ketentuan seperti dilarang melalulintaskan hewan rentan PMK dari zona merah menuju zona merah, hijau, kuning, dan putih. Kemudian dari zona kuning menuju zona hijau dan putih, serta dari zona putih menuju zona hijau. Selain itu, disyaratkan melakukan karantina mandiri selama 14 hari di instalasi karantina hewan oleh pejabat karantina berwenang. 

Setelah SE Satgas No 6 tahun 2022 terbit, memang belum ada pergerakan ke luar hewan ternak dari Jawa Timur.

Namun begitu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Iswahyudi menyampaikan, sedang memproses permintaan dari Kalimantan Barat terkait pengiriman sapi dan sudah ditemukan pelaku usaha di Jawa Timur untuk konfirmasi pengiriman sapi tersebut.

“Saat ini belum, masih proses ada permintaan dari Kalimantan barat dan sudah kami temukan pelaku usaha di Jawa Timur dan ini sudah ada komitmen,” ucapnya.

Sekarang dalam proses pelengkapan prasyaratan yang diperlukan untuk mengirimkan sekitar 1000 ekor sapi ke Kalimantan Barat. 

“Dalam waktu dekat, prasyarat sudah lengkap maka kita akan mengirim sekitar 1000 ekor,” katanya. 

Sponsored

Ia mengakatan bahwa proses tersebut dilakukan juga bersama dengan karantina yang ada di Surabaya dan Bangkalan. 

“Di Jawa Timur hubungan dengan karantina Surabaya dan Bangkalan, ketika ada permintaan seperti itu kami langsung konfirmasi ke karantina,” ucapnya. 

Kedua karantina tersebut juga menerapkan SE Satgas No. 6 Tahun 2022 yang dimana hal tersebut dapat dilaksanakan dengan baik untuk melakukan berbagai hal terkaitt pengiriman sapi tersebut.

“Kami sudah diskusi bersama karantina, dan Alhamdulillah karantina sudah satu visi dengan kami. Pedomannya adalah SE Satgas No. 6 Tahun 2022. Dan itu semuanya clear,” tuturnya.

Jalan panjang negara mensejahterakan lansia

Jalan panjang negara mensejahterakan lansia

Senin, 06 Feb 2023 09:15 WIB
Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid