sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kolaborasi SMF dan PNM hadirkan pembiayaan mikro perumahan HOME

HOME merupakan program pembiayaan mikro perumahan bagi nasabah Mekaar binaan PNM.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Senin, 07 Jun 2021 14:08 WIB
Kolaborasi SMF dan PNM hadirkan pembiayaan mikro perumahan HOME

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF bersama dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM, berkolaborasi meluncurkan program pembiayaan mikro perumahan bernama HOME. 

HOME merupakan program pembiayaan mikro perumahan bagi nasabah Mekaar binaan PNM, dengan peruntukkan untuk renovasi rumah nasabah yang juga dijadikan sebagai tempat usaha atau mendukung usaha.

Acara soft launching program HOME tersebut dilakukan pada Kamis (3/6) di Kota Semarang, Jawa Tengah.Kota Semarang, menjadi kota pertama pelaksanaan program pembiayaan mikro perumahan HOME kepada sejumlah nasabah Mekaar binaan PNM.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo dalam sambutannya mengatakan, program HOME ini diharapkan dapat membantu program percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang saat ini sedang dilakukan oleh pemerintah

“Kita tahu bahwa pandemi Covid-19 telah memukul semua sektor usaha. Melalui program HOME ini diharapkan sektor UMKM dan ultra mikro dapat kembali bergerak melalui usaha yang mereka lakukan dari rumah mereka sendiri,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (7/6).

Selain itu, Ananta juga menambahkan, program HOME juga merupakan bagian dari pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDG's), khususnya pada aspek 11 mengenai sustainable cities and communities.

Program HOME juga menjadi bagian dari pelaksanaan perluasan mandat yang diterima SMF untuk dapat mendukung peningkatan kapasitas penyaluran pembiayaan perumahan yang berkesinambungan.

“Ini bukti komitmen kami kepada masyarakat kecil dan masyarakat berpenghasilan rendah. Dana dari masyarakat yang kami terima, kami kembalikan lagi kepada masyarakat, salah satunya melalui program HOME ini,” ujarnya.

Sponsored

Senada dengan Ananta, Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PNM, Sunar Basuki mengatakan, program HOME ini selain diharapkan terjadi perbaikan atau peningkatan ekonomi bagi nasabah Mekaar penerima pembiayaan mikro perumahan, juga diharapkan terjadi perbaikan atau peningkatan kualitas hidup. 

“Jadi selain aspek 11 tentang sustainable cities and communities, program ini juga merupakan bagian dari SDG's aspek 3: good healt and well being. Setelah ini, kita akan masuk juga pada aspek sanitasi,” ucap Sunar.

Lebih lanjut, Direktur PNM menambahkan, dengan jumlah nasabah Mekaar yang saat ini sudah mencapai 9,5 juta nasabah, diharapkan program ini memberikan dampak signifikan baik secara sosial maupun ekonomi.

“Dengan jumlah nasabah Mekaar yang mencapai 9,5 juta nasabah, program HOME ini diharapkan dapat membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional,” tambahnya.

Mekaar sendiri merupakan pembiayaan modal untuk pelaku usaha ultra mikro yang diluncurkan PNM sejak tahun 2015 lalu. 

Mekaar menerapkan sistem tanggung renteng yang diharapkan dapat menjembatani kesenjangan akses pembiayaan sehingga nasabah mampu mengembangkan usaha dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Berita Lainnya