sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Komoditas anjlok jadi biang kerok penjualan mobil Daihatsu jeblok

Sejak awal tahun hingga Oktober 2019, penjualan mobil Daihatsu turun 10,7%, terutama lantaran harga komoditas yang anjlok.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Senin, 18 Nov 2019 22:34 WIB
Komoditas anjlok jadi biang kerok penjualan mobil Daihatsu jeblok
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 252923
Dirawat 58788
Meninggal 9837
Sembuh 184298

Lesunya pasar industri otomotif sepanjang tahun 2019 turut memengaruhi penurunan penjualan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), anak usaha PT Astra International Tbk. (ASII).

Hingga Oktober 2019, Daihatsu mencatatkan penurunan penjualan hingga 10,7% secara year-to-date (ytd). Penurunan tersebut masih lebih kecil dibandingkan dengan rata-rata industri yang terkoreksi 11,7% ytd.

Corporate Planning and Communication Division Head Daihatsu Elvina Afny, mengatakan penurunan penjualan Daihatsu tersebut ditekan oleh penjualan mobil komersial seperti pick up.

"Penjualan mobil komersial memang turun. Karena memang ada penurunan di sektor komoditas, maka itu ikut memengaruhi penjualan juga," kata Elvina di Menara Astra, Jakarta, Senin (18/11).

Elvina melanjutkan, rata-rata penjualan mobil komersial di industri memang mengalami koreksi sebesar 14,3% secara ytd. Koreksi penjualan mobil komersial ini lebih tinggi dibandingkan dengan koreksi penjualan mobil penumpang secara industri sebesar 10,9% secara ytd.

Meskipun mengalami penurunan penjualan, Elvina mengatakan Daihatsu akan tetap menargetkan pangsa pasar sebesar 17% hingga akhir tahun ini. Hingga Oktober 2019, Daihatsu masih mencatatkan market share sebesar 17,7%.

Dengan lesunya penjualan di mobil komersial ini, Daihatsu pun mengandalkan penjualan mobil penumpang yang berkolaborasi dengan Toyota, yaitu Toyota Rush.

Elvina mengatakan, hingga saat ini Toyota maupun Daihatsu telah melakukan ekspor ke 69 negara. Terbaru adalah ke negara tetangga Papua Nugini.

Sponsored

Untuk ekspor Toyota Rush, Elvina mengatakan pihaknya membuka beberapa negara untuk destinasi ekspor baru seperti Filipina. Secara ytd hingga Oktober 2019, ekspor produk Daihatsu keseluruhan telah mencapai 104.000 unit.

"Target kami untuk ekspor tahun ini lebih dari 104.000 unit. Ekspor ini lebih moncer karena ada permintaan yang besar untuk Toyota Rush di beberapa negara ekspor baru," tutur Elvina.

Berita Lainnya
×
img