sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

KRL Commuter Line akan dibangun hingga Karawang

Pemerintah akan membangun jalur kereta api listrik (KRL) hingga Karawang, Jawa Barat, sepanjang 16,7 kilometer.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Selasa, 13 Agst 2019 21:22 WIB
KRL Commuter Line akan dibangun hingga Karawang

Pemerintah akan membangun jalur kereta api listrik (KRL) hingga Karawang, Jawa Barat, sepanjang 16,7 kilometer. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan, proyek tersebut akan direalisasikan pada akhir 2020. Hingga saat ini, pemerintah masih kesulitan melakukan pembebasan lahan untuk jalur baru tersebut.

"Karawang ini kita akan finalkan fisiknya dulu, kalau fisiknya selesai ya mungkin akhir tahun depan," katanya usai meresmikan Stasiun Metland Telaga Murni di Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Selasa (13/8).

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu menjelaskan, hingga saat ini proyek tersebut masih terkendala pembebasan lahan untuk membangun jalur ganda (double track) yang dapat digunakan kereta dari dua arah.

"Kita memang masih terkendala di pembebasan lahan, tapi kita upayakan secepatnya selesai," kata dia.

Hal senada juga disampaikan oleh Dirjen Perkeretaapian Zulfikri. Ia mengatakan, untuk jalur ganda Bekasi-Cikarang saja realisasi pembebasan lahan baru sepanjang 4 kilometer dari target 16,7 Km.

"Kalau Bekasi-Cikarang sudah ada perencanaannya, tapi Pak Menteri bilang lahan itu sudah benar-benar harus selesai. Jadi kita proses yang pembebasan lahan dulu," ucapnya.

Ia pun mengatakan pihaknya akan mengembangkan stasiun Cikarang agar peron kereta stasiun dapat lebih leluasa menampung keluar masuk kereta.

Sponsored

Dia mengatakan perbaikan stasiun tersebut akan terealisasi pada Oktober mendatang. Bersamaan dengan pengembangan stasiun tersebut akan ada penambahan 15 kereta dan jadwal baru untuk rute Bekasi-Cikarang.

PT Kereta Commuter Indonesia sebagai operator KRL akan menambah armada untuk meningkatkan kapasitas jumlah penumpang. 

"Nanti bulan Oktober itu akan ada tambahan 15 (kereta) baru. Kalau tadi kita hanya menggeser, sambil menunggu hanya perputaran saja, sekarang akan ada tambahan jadwal," ujarnya.

Dia pun berharap, dengan adanya penambahan kereta baru ini akan memperpendek waktu tunggu kereta dari 60 menit menjadi 30 menit.

"Sekarang sejam ya, nanti mungkin kalau kita tambah 15 bisa setengah jam ya. Karena kan jarak hanya 16,7 kilometer," tuturnya.

Gelora dan politik kanibal pemecah PKS

Gelora dan politik kanibal pemecah PKS

Rabu, 20 Nov 2019 19:35 WIB
Sepak terjang militer di pucuk pimpinan PSSI

Sepak terjang militer di pucuk pimpinan PSSI

Selasa, 19 Nov 2019 21:07 WIB