sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menhub minta maskapai buka penerbangan ke lima 'Bali baru'

Pemerintah tengah mengembangkan destinasi pariwisata di lima daerah yang akan menjadi 'Bali baru'.

Laila Ramdhini
Laila Ramdhini Kamis, 31 Okt 2019 15:15 WIB
Menhub minta maskapai buka penerbangan ke lima 'Bali baru'
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 76981
Dirawat 36636
Meninggal 3656
Sembuh 36689

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta maskapai yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (Inaca) untuk mengembangkan pariwisata lima Bali baru. Budi mengatakan hal ini sesuai dengan program Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk menjadikan pariwisata sebagai penyumbang devisa nomor satu.

“Agar kita mendukung lima Bali baru sebagai destinasi wisata baru. Kita menginginkan partisipasi Inaca untuk mengoperasikan penerbangan yang berjadwal maupun tidak berjadwal,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutannya saat pembukaan Rapat Umum Anggota (RUA) Inaca di Jakarta, Kamis (31/10).

Budi mengatakan upaya tersebut juga untuk meningkatkan konektivitas, terutama udara dari pulau ke pulau yang akan berdampak pada peningkatan ekonomi daerah dan nasional. Karena itu, Budi mewakili pemerintah akan terus mendukung industri penerbangan yang penuh dengan tantangan, namun tetap mengedepankan keselamatan.

“Industri penerbangan ini high profile yang harus juga didukung dengan high performance. Dengan porsi kami sebagai regulator, pasti kami tidak bisa melepaskan keselamatan yang nomor satu, tapi yang namanya bisnis bisa kami bicarakan,” katanya.

Ia juga akan memetakan rute-rute prioritas untuk diterbangi agar targetnya jelas dan anggaran yang dikelurkan tepat sasaran. Untuk itu, kata Budi, Presiden Jokowi juga sudah menetapkan prioritas terhadap lima kawasan saja.

“Karena itu Pak Presiden menentukan Bali baru hanya lima dan semua itu mendatangkan turis, devisa juga banyak pasti,” katanya.

Budi juga berharap dengan adanya RUA Inaca tersebut bisa menghasilkan solusi di bisnis penerbangan, baik itu harga tiket, layanan, keselamatan dan keamanan.

Dalam kesempatan sama, Ketua Umum Inaca Ari Askhara mengatakan industri penerbangan saat ini menghadapi tantangan keterbatasan informasi, kondisi politik dan interpretasi publik.

Sponsored

“Kami juga meminta kepada pemerintah sedianya regulasi yang menghambat pelaku usaha bisa ditinjau kembali,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengarahkan pemerintah untuk berfokus kepada penyelesaian pembangunan lima lokasi pariwisata 'Bali Baru' pada 2020.

"Kita konsentrasi dulu ke lima lokasi. Infrastrukturnya konsentrasi di situ, 'calendar of event'nya konsentrasi di situ dan perbaikan produk-produk ekonomi yang berbasis rakyat, pariwisata yang berbasis rakyat," kata Jokowi dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/10).

Adapun lima Bali baru tersebut yakni Danau Toba (Sumatera Utara), Borobudur (Yogyakarta), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), dan Manado (Sulawesi Utara).

Pemerintah menargetkan untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur yakni akses jalan, bandara, pelabuhan dan produk-produk pariwisata hingga akhir 2020. (Ant)

Berita Lainnya