sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pelaku pasar nantikan pengumuman PDB, IHSG ditutup ke zona hijau

Pelaku pasar dan investor cenderung bersikap wait and see menjelang pegumuman data pertumbuhan ekonomi (PDB) Indonesia kuartal I-2021.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Selasa, 04 Mei 2021 16:36 WIB
Pelaku pasar nantikan pengumuman PDB, IHSG ditutup ke zona hijau

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,19% ke level 5.963 pada perdagangan Selasa (4/5). Sektor industri yang naik 1,16% dan sektor teknologi yang naik 0,94% menjadi pendorong penguatan IHSG hari ini.

Tercatat sebanyak 18,9 miliar saham diperdagangkan, dengan nilai transaksi mencapai Rp9,2 triliun. Sebanyak 223 saham naik ke zona hijau dan 251 saham turun ke zona merah. 

Investor asing tercatat melakukan pembelian di seluruh pasar dengan nilai Rp416 miliar dan senilai Rp209 miliar di pasar reguler. Saham-saham seperti PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG), PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM), dan PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) menjadi tiga saham yang paling banyak dibeli oleh investor asing.

Riset penutupan Pilarmas Investindo Sekuritas menyebutkan, dari dalam negeri, pelaku pasar dan investor cenderung bersikap wait and see menjelang pegumuman data pertumbuhan ekonomi (PDB) Indonesia kuartal I-2021. Sementara dalam menjaga moneter dalam negeri, Bank Indonesia (BI) tetap mendukung kebijakan meoneter yang akomodatif. 

Sponsored

"Kebijakan tersebut untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional, terutama untuk menjaga stabilitas sistem keuangan," tulis Pilarmas Sekuritas. 

BI terus melakukan stabilitas nilai tukar rupiah dengan intervensi di pasar spot, Domestic Non-Deliverable Forwards (DNDF) dan pembelian Surat Berharga Negara (SBN) dari pasar sekunder, serta juga mendorong kebijakan makroprudensial.

Berita Lainnya