sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pandemi, penyewa perkecil area kantor hingga 30%

Perusahaan pengguna kantor fokus mempertahankan keuntungan sehingga mempertimbangkan kembali kebutuhan ruang kantor.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Senin, 22 Feb 2021 19:30 WIB
Pandemi, penyewa perkecil area kantor hingga 30%
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

Lembaga internasional Colliers International Group Inc. merilis laporan mengenai transformasi area kerja. Head of Office Services of Colliers International Indonesia Bagus Adikusumo mengatakan pandemi Covid-19 telah mengubah banyak aspek dalam skala global, termasuk lanskap area kerja. 

Saat ini, bentuk area kerja bisa lebih fleksibel, di mana orang dapat memilih bekerja dari luar kantor selama masih sesuai dengan kebijakan perusahaan.

"Dengan efisiensi biaya hunian karena bekerja dari rumah, hal pertama yang akan terjadi adalah negosiasi ulang kontrak sewa, dengan kemungkinan adanya pengurangan area sewa dan pembaruan sewa yang lebih awal," kata Bagus dalam keterangan tertulis, Senin (22/2).

Saat ini, tujuan perusahaan adalah mempertahankan keuntungan dan memastikan keberlanjutan perusahaan. Dalam masa yang tidak pasti seperti sekarang, dia bilang, perusahaan perlu mengadopsi strategi yang tepat dan sejalan dengan prospek bisnis dan sumber daya yang tersedia.

Menurutnya, untuk alasan kesehatan dan keselamatan, banyak perusahaan yang menyadari bahwa melalui teknologi, bisnis dapat terus beroperasi tanpa mengharuskan semua karyawan melakukan pelaporan langsung ke kantor. 

Realisasi ini disebut mengarahkan perusahaan pengguna kantor untuk mempertimbangkan kembali kebutuhan ruang kantor. Hal itu juga akan memengaruhi keputusan mengenai sewa kantor di masa mendatang.

"Ketika masa sewa berakhir, mayoritas penyewa akan memperbarui kontrak mereka dengan memperkecil area hingga 30% dan selanjutnya meminta fleksibilitas sewa sebagai cara untuk mengelola risiko," ujarnya.

Head of Project Management Colliers International Indonesia, Hendry Sugianto mengatakan transformasi area kerja tidak hanya berpengaruh pada sewa kantor, tetapi juga pengaturan aktivitas kerja. 

Sponsored

Selain itu, perubahan tata letak area kerja juga memengaruhi keputusan terkait perlunya mempertahankan ruang tertutup atau memilih ruang terbuka yang lebih efisien. 

"Meskipun beberapa perusahaan memiliki kantor tertutup untuk para eksekutif, pendekatannya telah bergeser menjadi workstation terbuka bagi karyawan dengan ruang menghadap ke jendela," ujarnya.

Namun, katanya, beberapa kantor malah telah menghilangkan kantor tertutup sepenuhnya untuk mencegah hambatan dan guna menyediakan komunikasi yang lebih baik antara pemimpin senior dengan anggota timnya. 

"Ada juga ruang pertemuan terbuka informal yang biasa disebut sebagai 'area kolaborasi'," ucapnya.

Dia melanjutkan, seiring dengan berjalannya waktu, terjadi perkembangan yang disebut dengan agile workplaces. Dia memprediksi sebuah gedung perkantoran akan dibagi menjadi tiga tipe; sewa tradisional, ruang kerja bersama yang dikelola sendiri, dan ruang kerja bersama yang dikelola oleh pihak luar. 

Serba salah vaksin Nusantara

Serba salah vaksin Nusantara

Senin, 01 Mar 2021 06:17 WIB
Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Jumat, 26 Feb 2021 15:24 WIB
Berita Lainnya

Catatan Setahun Penanganan Pandemi Covid-19

Senin, 01 Mar 2021 15:41 WIB

DC garap film reboot Superman berkulit hitam

Senin, 01 Mar 2021 15:53 WIB

Jokowi Presiden, wajar disambut massa

Minggu, 28 Feb 2021 09:17 WIB