sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Pelindo II dorong pembentukan holding pelabuhan

PT Pelindo II (Persero) mendorong terbentuknya holding pelabuhan yang akan membawahi Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III, dan Pelindo IV.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Rabu, 20 Nov 2019 12:15 WIB
Pelindo II dorong pembentukan holding pelabuhan

PT Pelindo II (Persero) mendorong terbentuknya holding pelabuhan yang akan membawahi Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III, dan Pelindo IV.

Direktur Utama Pelindo II Elvyn G. Masassya mengatakan pada intinya prinsip bisnis yang ditawarkan oleh seluruh Pelindo sama. Akan tetapi, pelanggan menginginkan kualitas, standar, dan biaya yang sama. Sehingga untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan sebuah holding untuk menanganinya.

"Saya punya view, sebaiknya Pelindo ini dijadikan holding agar satu sistem, satu standarisasi operasional," kata Elvyn di acara bincang-bincang dengan Pelindo II di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (20/11).

Menurut Elvyn, dengan terbentuknya holding akan ada kekuatan dari sisi keuangan sebab Pelindo akan menjadi satu legal entitas dengan anak-anak usaha di bawahnya.

Elvyn mengakui dirinya telah mendiskusikan konsep holding yang paling tepat dengan Menteri BUMN Erick Thohir dan wakil menterinya. Dirinya pun yakin Pelindo akan menjadi holding dan ke depannya hanya akan ada satu pelabuhan di Indonesia, Pelindo, yang mengelola pelabuhan dari Sabang sampai Merauke.

"Pola holdingnya sendiri akan kita bahas secara lebih detail. Namun, sudah mulai mengerucut kalau holding ini akan lebih fokus pada holding pelabuhan dan dengan cara ini diharapkan pengelolaan pelabuhannya bisa lebih efisien," ujar Elvyn.

Selain berdiskusi dengan Menteri BUMN dan jajarannya, Elvyn juga mengatakan dirinya berdiskusi dengan pengelola Pelindo dari regional-regional lainnya mengenai pembentukan holding ini.

"Sepanjang yang saya tahu, holding Pelindo ini adalah satu hal yang harus dieksekusi bersama-sama," tutur Elvyn.

Sponsored

Elvyn pun berharap proses kajian untuk holding Pelindo ini bisa selesai dalam waktu 6 bulan, yang berarti bisa terwujud pada tahun 2020.

Berita Lainnya