sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemerintah minta perbankan segera pangkas bunga KUR

Pemerintah meminta perbankan memangkas bunga kredit usaha rakyat (KUR) untuk menjaga konsumsi masyarakat tetap tinggi.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Jumat, 01 Nov 2019 16:33 WIB
Pemerintah minta perbankan segera pangkas bunga KUR
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 76981
Dirawat 36636
Meninggal 3656
Sembuh 36689

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan sudah saatnya perbankan menurunkan tingkat suku bunga kredit usaha rakyat (KUR). Hal ini mengingat Bank Indonesia sudah memangkas suku bunga acuan sebanyak empat kali hingga 5%.

Menurut Airlangga, penurunan bunga KUR ini sangat diperlukan untuk menjaga konsumsi masyarakat tetap tinggi. Sebab, hingga saat ini, konsumsi rumah tangga menyumbang sekitar 55% terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Kami akan dorong agar suku bunga KUR turun. Amerika Serikat juga turun suku bunganya. Kita sudah waktunya juga untuk menurunkan tingkat suku bunga KUR," kata Airlangga di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (1/11).

Airlangga juga mengatakan perihal penurunan bunga KUR ini telah dibahas di sidang kabinet yang lalu. Fokusnya juga untuk meningkatkan pertumbuhan usaha kecil dan menengah.

Sponsored

"Apalagi inflasi masih terkendali. Nah, ini kemarin yang sedang kita sampaikan juga di sidang kabinet dan kita juga sedang me-review untuk usaha kecil menengah," ucapnya.

Dia menuturkan, inflasi masih terjaga rendah. Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi hingga Oktober 2019 berada di kisaran 2,22% (ytd) atau sebesar 3,13% (yoy). 

Berita Lainnya