sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemerintah targetkan kenaikan ekspor kendaraan komersial

Pada tahun lalu produksi bus dan truk mencapai 93 ribu unit dengan penjualan sebanyak 89 ribu unit, naik cukup pesat dibandingkan 2016

Hermansah
Hermansah Jumat, 02 Mar 2018 08:53 WIB
Pemerintah targetkan kenaikan ekspor kendaraan komersial

Industri otomotif nasional semakin mengoptimalkan kapasitas dan kualitas produksinya guna memenuhi kebutuhan konsumen baik di pasar domestik maupun ekspor. Ditunjukkan dengan meningkatnya produksi dan penjualan kendaraan jenis truk dan bus.

Pada tahun lalu produksi bus dan truk mencapai 93 ribu unit dengan penjualan sebanyak 89 ribu unit. Naik cukup pesat dibandingkan 2016, dimana untuk produksi dan penjualannya sebesar 70 ribu unit.

Pencapaian tersebut diharapkan meningkatkan ekspor kendaraan hingga menembus 35 ribu unit pada tahun ini. Meningkat dibanding tahun sebelumnya yang berada di angka 27 ribu unit.  “Kami optimistis bisa tercapai, karena industri mobil niaga di Tanah Air cukup maju,” ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada pembukaan acara GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 di Jakarta, Kamis (1/3).

Pemerintah sendiri berkomitmen untuk memperkuat basis industri kendaraan komersial terutama angkutan niaga. Meningkatkan nilai tambah produk dalam negeri, melalui penguatan struktur industri pada rantai nilai, sekaligus perbaikan infrastruktur industri.

Sekarang dinilai merupakan momentum yang tepat karena semakin membaiknya pertumbuhan ekonomi nasional. Kondisi itu didorong pulihnya perekonomian global dan berjalannya reformasi struktural di dalam negeri secara komprehensif.

Membaiknya harga komoditas serta industri mining, ikut pula mendorong peningkatan pasar produk kendaraan komersial di Indonesia. “Penjualan commercial truck yang naik, artinya barang dan ekonomi kita bergerak,” imbuhnya.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menyampaikan, pameran khusus kendaraan komersial ini didorong atas tingginya permintaan terhadap mobil niaga di dalam negeri. Namun demikian, tetap memerlukan dukungan dengan kebijakan pemerintah. Sehingga mampu mendorong peningkatan produksi dan penjualan kendaraan komersial.

Dalam kesempatan itu, PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia, agen resmi penjualan kendaraan komersial Mercedes-Benz, meluncurkan Axor 2528 R. Truk tangguh yang disesuaikan untuk sektor logistic. Axor 2528 R diklaim menjadi jawaban pasar logistik yang tengah berkembang pesat akibat pertumbuhan e-commerce, tingginya permintaan transportasi dan penyimpanan dengan pendingin serta investasi pemerintah Indonesia di sektor infrastruktur.

Sponsored

President Director dan CEO PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia Markus Villinger, mengatakan perkembangan positif pasar logistik di Indonesia ditunjukkan dengan semakin bertambahnya daftar pelanggan di industri logistik. Beberapa diantaranya merupakan perusahaan logistik terbesar di Indonesia. "Inilah yang menjadi alasan kami meluncurkan Axor 2528 R rakitan lokal, truk yang handal dan sesuai dengan kebutuhan industri komersial untuk mengangkut barang dagangan,” papar dia.
 

Berita Lainnya
×
tekid