sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 14 dibuka besok

Pemerintah menyiapkan fitur baru bagi peserta dalam pendaftaran kali ini.

Silvia Nita Nur Aryanti
Silvia Nita Nur Aryanti Rabu, 10 Mar 2021 22:00 WIB
Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 14 dibuka besok

Pemerintah akan membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 14 mulai Kamis (11/3), pukul 12.00 WIB. Disiapkan fitur baru bagi peserta.

"Pada gelombang 14 nanti, kami akan berusaha memperbaiki fitur, yaitu untuk teman-teman yang tidak lolos akan diberikan informasi mengenai alasan kenapa tidak berhasil menjadi penerima Kartu Prakerja," ucap Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, Rabu (10/3).

Dirinya menerangkan, salah satu faktor pendaftar gagal menjadi peserta Kartu Prakerja lantaran telah mendapatkan bantuan sosial (bansos) dari pemerintah dalam penanganan Covid-19. Alasan ini, misalnya, bakal dijelaskan nantinya dengan dalih telah mengantongi daftar para penerima bansos.

"Kami memiliki daftar NIK (nomor induk kependudukan) dari kementerian dan lembaga lainnya hingga bisa mengetahui kelompok masyarakat mana saja yang tidak bisa menerima Kartu Prakerja supaya bantuan pemerintah tidak tumpang tindih," jelasnya.

Para penerima bansos dipastikan tidak dapat menjadi peserta Kartu Prakerja lantaran program ini tergolong semibansos. “Sebab untuk membantu yang terdampak pandemi, tapi belum menerima bantuan apa pun dari pemerintah," terangnya.

Seperti tahun sebelumnya, pemerintah mengucurkan anggaran Rp20 triliun untuk menggulirkan Kartu Prakerja 2021. Desain programnya pun demikian, biaya pelatihan Rp1 juta, insentif Rp600.000 per bulan selama 4 bulan, insentif survei Rp150.00 ribu untuk 3 kali survei, dan diadakan secara daring.

"Kuota per gelombang sebanyak 600.000 (orang). Prioritasnya masih sama, yakni pekerja terdampak PHK (pemutusan hubungan kerja), pelaku UKM (usaha kecil dan menengah) yang terdampak, pekerja sektor wisata yang terdampak, lalu calon pekerja migran Indonesia,” imbuh dia.

Sementara itu, ekosistem Kartu Prakerja 2021 meliputi 5 mitra pembayaran, 7 platform digital, 165 lembaga pelatihan, 4 institusi pendidikan, dan 3 portal lowongan kerja. "(Sebanyak) 165 lembaga pelatihan ini juga menyediakan 1.700 pelatihan," tandasnya.

Sponsored
Tsunami kematian sunyi di isolasi mandiri

Tsunami kematian sunyi di isolasi mandiri

Rabu, 28 Jul 2021 14:29 WIB
Ikhtiar menahan lonjakan angka stunting

Ikhtiar menahan lonjakan angka stunting

Senin, 26 Jul 2021 17:37 WIB
Berita Lainnya