logo alinea.id logo alinea.id

Pendaftaran pasangan capres/wapres positif bagi ekonomi

Pelaku usaha cenderung mendukung capres dan cawapres yang diusung koalisi parpol.

Cantika Adinda Putri Noveria Jumat, 10 Agst 2018 16:15 WIB
Pendaftaran pasangan capres/wapres positif bagi ekonomi

Pelaku usaha yang wait and see dalam menjalankan usahanya diprediksi sudah berkurang, setelah melihat penetapan hasil Pasangan capres dan cawapres yang sudah diumumkan hari ini, Jum'at (10/8).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, menyampaikan, pelaku usaha cenderung mendukung capres dan cawapres yang diusung koalisi parpol. Hal itu diyakini akan berdampak kepada investasi dan diperkirakan membaik.

"Mestinya baik-baik saja. Pasangan calon yang diusung tidak membuat market khawatir. Jadi semestinya baik-baik saja. Sikap market yang sekarang wait and see sepertinya akan berkurang," jelasnya, Jum'at (10/8) di kantornya. 

Darmin pun optimis, outlook investasi di kuartal III-2018 masih bisa mencapai 7%. Meskipun pada kuartal II-2018 ada penurunan dari kuartal I-2018, dari 7,95% ke 5,87%.

Sponsored

Keoptimisan Darmin itu dlihat dari banyaknya jumlah investor yang masuk selama sebulan OSS berjalan. Pemerintah telah menerbitkan 7.004 Nomor Induk Berusaha (NIB) sejak awal diluncurkan pada 9 Juli 2018 sampai pada 9 Agustus 2018. 

"70% berasal dari dalam negeri yang mendaftarkan di OSS. Itukan banyak, makanya kewalahan. Temen-temen mau membatasi menjadi 300 sehari. Saya bilang, tidak usah dibatasi, dibuka aja. Namanya orang mau investasi. Jadi ya kami optimis," pungkasnya.