Pendaftaran pasangan capres/wapres positif bagi ekonomi

Pelaku usaha cenderung mendukung capres dan cawapres yang diusung koalisi parpol.

Pendaftaran pasangan capres/wapres positif bagi ekonomi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, menyampaikan, pelaku usaha cenderung mendukung capres dan cawapres yang diusung koalisi parpol./AntaraFoto

Pelaku usaha yang wait and see dalam menjalankan usahanya diprediksi sudah berkurang, setelah melihat penetapan hasil Pasangan capres dan cawapres yang sudah diumumkan hari ini, Jum'at (10/8).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, menyampaikan, pelaku usaha cenderung mendukung capres dan cawapres yang diusung koalisi parpol. Hal itu diyakini akan berdampak kepada investasi dan diperkirakan membaik.

"Mestinya baik-baik saja. Pasangan calon yang diusung tidak membuat market khawatir. Jadi semestinya baik-baik saja. Sikap market yang sekarang wait and see sepertinya akan berkurang," jelasnya, Jum'at (10/8) di kantornya. 

Darmin pun optimis, outlook investasi di kuartal III-2018 masih bisa mencapai 7%. Meskipun pada kuartal II-2018 ada penurunan dari kuartal I-2018, dari 7,95% ke 5,87%.

Keoptimisan Darmin itu dlihat dari banyaknya jumlah investor yang masuk selama sebulan OSS berjalan. Pemerintah telah menerbitkan 7.004 Nomor Induk Berusaha (NIB) sejak awal diluncurkan pada 9 Juli 2018 sampai pada 9 Agustus 2018. 

"70% berasal dari dalam negeri yang mendaftarkan di OSS. Itukan banyak, makanya kewalahan. Temen-temen mau membatasi menjadi 300 sehari. Saya bilang, tidak usah dibatasi, dibuka aja. Namanya orang mau investasi. Jadi ya kami optimis," pungkasnya. 


Berita Terkait