sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Ralali dorong UMKM gunakan fintech

PT Raksasa Laju Lintang (Ralali.com), mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menggunakan teknologi finansial (fintech).

Sukirno
Sukirno Kamis, 29 Agst 2019 18:21 WIB
Ralali dorong UMKM gunakan fintech

PT Raksasa Laju Lintang (Ralali.com), mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menggunakan teknologi finansial (fintech).

Pasar penyedia lapak dalam jaringan untuk mengubungkan para pelaku bisnis, khususnya UMKM, ini mendorong ekosistem bisnis online di Tanah Air.

Founder dan CEO Ralali.com Joseph Aditya mengatakan sebagai marketplace business-to-business (B2B), pihaknya mendorong ekosistem bisnis on-demand platform melalui BIG Agent yang menghubungkan jutaan pekerja dengan pemilik bisnis.

"BIG Agent yang lahir pada akhir 2018 adalah wujud komitmen kami untuk memperkuat ekosistem digital Ralali.com guna menciptakan konektivitas dan inklusivitas," ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (29/8).

Saat ini, Ralali telah memiliki 300.000 agen yang tersebar di 25 provinsi di seluruh Tanah Air. Para agen tersebut didominasi di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Malang, Semarang, Padang, dan Palembang.

Menurut dia, pelaku bisnis UMKM biasanya kesulitan mengembangkan usaha lantaran keterbatasan biaya, waktu, relasi, hingga upah sumber daya manusia (SDM) yang tidak sebanding dengan kualitas performa kerja. 

"Dengan BIG Agent, pelaku bisnis bisa memangkas jarak dan waktu, menyebarluaskan bisnis dan produknya kepada sasaran yang tepat dan membayar sesuai dengan performa," kata dia.

Chief Operating Officer Ralali.com Alexander Lukman, menambahkan pihaknya membantu kemudahan pelaku bisnis UMKM dengan akses teknologi finansial (financial technology/fintech).

Sponsored

"BIG Agent telah menghubungkan 1.500 pelaku usaha dengan partner fintech Ralali.com dengan total nilai pendanaan Rp18 miliar," ujarnya.

Fintech Ralali.com mencakup empat produk di dalamnya yaitu payment, financing, insurance dan investment, yang kesemuanya ditujukan dapat mendorong kesuksesan ekosistem digital. 

Saat ini, agen Ralali telah melakukan edukasi akses fintech Ralali.com kepada ribuan UMKM Indonesia dalam waktu kurang dari 3 bulan, yang merupakan bagian dari upaya Ralali.com untuk memberdayakan 1 juta UMKM.