sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Restrukturisasi kredit di Astra Finance capai Rp30 triliun

Relaksasi paling banyak diberikan kepada pinjaman kredit sepeda motor.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Senin, 24 Agst 2020 18:52 WIB
Restrukturisasi kredit di Astra Finance capai Rp30 triliun
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 365.240
Dirawat 64.032
Meninggal 12.617
Sembuh 289.243

PT Astra International Tbk. (ASII) mencatat restrukturisasi kredit kendaraan bermotor di Grup Astra Financial telah mencapai Rp30 triliun sampai Juni 2020.

Director in Charge Astra Financial Suparno Djasmin menjelaskan, relaksasi cicilan kendaraan bermotor tersebut telah diberikan kepada lebih dari 1 juta akun..

"Relaksasi paling banyak diberikan kepada pinjaman kredit sepeda motor," kata Djasmin, Senin (24/8).

Dia melanjutkan, restrukturisasi terbanyak dilakukan pada bulan April dan Mei. Adapun pada Juli 2020, Djasmin menyebut jumlah permintaan relaksasi kredit tercatat turun. Dia memperkirakan tambahan permintaan relaksasi tidak akan terlalu banyak di bulan-bulan selanjutnya.

"Bahkan kami melihat dari account itu banyak yang sudah kembali normal membayar angsuran, baik mobil maupun motor, begitu PSBB (pembatasan sosial berskala besar) diperlonggar," tuturnya.

Sebagai informasi, Astra Financial memberikan restrukturisasi pembiayaan kredit melalui tiga perusahaan pembiayaan ritelnya. Ketiga perusahaan tersebut adalah PT Astra Sedaya Finance (ACC) dan PT Toyota Astra Financial Services (TAF) untuk pembiayaan kendaraan roda empat, serta PT Federal International Finance (FIFGROUP) untuk pembiayaan kendaraan roda dua.

Adapun mekanisme restrukturisasi kredit tersebut, lanjut Djasmin, bergantung pada masing-masing nasabah mulai dari perpanjangan tenor hingga skip installment.

"Mekanismenya sesuai diskusi dengan masing masing nasabah. Jadi memang berbeda dan kami memberikan pilihan," ujarnya.

Sponsored
Berita Lainnya