sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Scrolling belanja online lebih hemat dan simpel

Tokopedia meluncurkan dua fitur terbaru untuk membuat belanja online lebih menguntungkan.

Kartika Runiasari
Kartika Runiasari Selasa, 21 Nov 2023 18:41 WIB
Scrolling belanja online lebih hemat dan simpel

Selepas pandemi, belanja online menjadi kebiasaan baru di tengah masyarakat karena kepraktisan dan kemudahannya. Platform belanja online pun terus melakukan berbagai inovasi demi memanjakan pelanggan. Salah satunya, Tokopedia yang meluncurkan fitur terbaru demi membuat belanja daring lebih hemat, ringkas, dan praktis.

Product Manager Senior Lead Tokopedia Hefrian Syah mengatakan di era ini masyarakat terus mengandalkan belanja online untuk memenuhi kebutuhannya. Hal ini terlihat dari kenaikan jumlah pengguna e-commerce yang meningkat 12,79% yakni dari 158,65 juta pengguna pada 2021 menjadi 178,94 juta pengguna pada 2022. 

“Proyeksi sampai akhir tahun 2023, jumlah pengguna e-commerce bisa mencapai 196,47 juta,” kata pria yang karib disapa Rian ini dalam Virtual Media Briefing “Tokopedia Luncurkan Fitur Baru, Bikin Belanja Makin Hemat”, Selasa (21/11).

Di Tokopedia sendiri, sambungnya, terjadi peningkatan transaksi di berbagai kategori produk selama kuartal III-2023, antara lain Fesyen, Otomotif, Elektronik, Rumah Tangga dan Kebutuhan Sehari-hari/Groceries (seperti Makanan dan Minuman, Kesehatan serta Perawatan Tubuh). Beragam data tersebut menjadi pemantik bagi e-commerce dalam ekosistem GoTo ini untuk memanjakan pelanggan melalui fitur terbaru yakni “Multiple Product” atau “Cari Sekaligus” dan fitur “Buy More Save More” atau “Beli Banyak Lebih Hemat”.

“Ini untuk akomodasi tingginya animo masyarakat,” tambahnya.

Rian menceritakan lahirnya fitur baru tersebut tidak lepas dari input yang diberikan pelanggan. Misalnya, pelanggan mengaku kesulitan mencari lebih dari satu barang dalam sekali belanja dari satu toko. Ia pun mencontohkan pengalaman kala mencari tiga buku untuk tugas sekolah sang anak yang ternyata tidak bisa dilakukan dalam satu kali pencarian.

Dokumentasi Tokopedia.

Karena itu, kata dia, Tokopedia selalu meningkatkan kinerja customer service, salah satunya dengan mendengar masukan dari pelanggan. Di mana, kesulitan dalam mencari barang sekaligus dalam satu toko kerap disampaikan pelanggan. 

Sponsored

“Akhirnya kami melibatkan tim research and development benar enggak ada problem ini, setelah valid dan jumlahnya cukup untuk bikin fitur ini, dari situ tim produk, desain dan engineer mulai kembangkan fitur yang relevan, simpel, dan atasi masalah,” kisahnya.

Lahirnya fitur “Multiple Product” membuat konsumen bisa melakukan pencarian satu hingga maksimal tiga produk sekaligus. “Ini bisa kasih experience belanja online lebih hemat waktu hanya dengan kurang dari lima menit,” tambah dia.

Rian memaparkan cara yang bisa dilakukan pengguna Tokopedia dalam menggunakan fitur ini. Pertama, klik kolom pencarian pada halaman utama Tokopedia dan ketik salah satu produk yang dicari. Lalu klik tanda plus di ujung kanan dan tambahkan hingga dua produk lain secara bersamaan. 

Kemudian klik ‘Cari’ dan Tokopedia akan merekomendasikan pilihan toko yang menjual berbagai produk yang dicari secara sekaligus. “Kalau enggak ada berarti enggak ada penjual yang memiliki semua produk itu,” ungkapnya.

Menurutnya, fitur ini merupakan terobosan Tokopedia dan menjadi satu-satunya di industri perdagangan digital tanah air dan global. Khusus untuk jumlah barang pencarian, sejauh ini Tokopedia menggunakan maksimal tiga produk. Hal ini sesuai dengan riset yang dilakukan tim internal yakni tren check out rata-rata konsumen adalah dua sampai tiga produk. 

“Dari situ kita bikin maksimum tiga karena dari sisi teknologi berbeda untuk jumlah pencarian yang berbeda,” bebernya.

Lebih lanjut, Tokopedia akan melihat tren animo masyarakat untuk membuat fitur tersebut senantiasa relevan dengan kebutuhan masyarakat. Dia menambahkan Tokopedia memberikan kesempatan yang sama dan seluas-luasnya bagi seluruh seller untuk bisa menikmati fitur tersebut.

“Sistem Tokopedia akan cari secara otomatis, algoritma kita berusaha memberikan yang terbaik untuk buyer, selama toko menjual sebanyak-banyaknya akan lebih sering ditemukan,” jelas Rian.

Menurutnya, fitur “Multiple Product” ini tidak serta merta hadir namun sempat diuji coba sejak awal tahun 2023. Baru pada bulan ini, fitur tersebut resmi diluncurkan setelah melalui trial and error.

Lebih banyak, lebih hemat

Tak hanya fitur pencarian sekaligus, Tokopedia juga meluncurkan fitur terbaru “Buy More Save More” atau “Beli Lebih Banyak, Lebih Hemat”. “Masyarakat bisa membeli lebih banyak produk untuk mendapatkan diskon yang lebih besar atau keuntungan lain sesuai dengan ketentuan toko penjual. Contohnya, beli 2 diskon 10%, beli 3 diskon 20%, dan seterusnya” kata AVP Product Campaign and Promotions Tokopedia Helena pada kesempatan yang sama.

Dia menjelaskan, fitur tersebut bisa membuat belanja online lebih terjangkau (affordable) dan berlaku di toko penjual dengan status Power Merchant PRO dan Official Store, sesuai syarat dan ketentuan.

Helena juga mengisahkan, fitur ini hadir kala tim Product dan Research and Development Tokopedia menemukan ada kebutuhan dari penjual untuk memberikan manfaat tambahan di setiap transaksi serta mendorong calon pembeli untuk membeli lebih banyak produk. 

“Bersama tim Engineering, tim Product dan Research and Development Tokopedia, kami membangun fitur yang relevan, yang juga bisa memperkaya benefit bagi pembeli,” ujar Helena.

Adapun cara menggunakan fitur terbaru ini yakni cukup masuk ke halaman toko penjual yang mengadakan promosi ini. Lalu scroll untuk cari dan masuk ke section ‘Buy More Save More’ di halaman utama toko. Setelah itu, pilih produk yang dibutuhkan. “Makin banyak produk yang dipilih, maka makin besar diskon yang bisa didapatkan oleh pembeli,” bebernya.

Fitur 'Buy More Save More' untuk belanja lebih hemat. Dokumentasi Tokopedia.

Namun demikian, selain dua fitur terbaru itu, Tokopedia juga terus melancarkan berbagai kampanye yang bisa menguntungkan baik bagi penjual maupun pembeli. Helena bilang, beragam kampanye lain juga bisa membuat belanja online lebih hemat, salah satunya War Diskon yang digelar tiap jam 14.00 WIB setiap hari dengan beragam kategori. 

Ada pula Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang digelar tiap tanggal 25 sampai akhir bulan. Kemudian, kampanye Kejar Diskon hingga 90% yang juga ada setiap hari untuk menawarkan berbagai produk dari beragam kategori dengan harga spesial. Hingga Flash Sale dan Kupon Toko yang disediakan demi kenyamanan belanja pengguna Tokopedia. Bahkan, dia menjelaskan fitur “Buy More Save More” bisa dibarengi dengan Bebas Ongkir dan Kupon Toko yang ditawarkan penjual. 

Menurutnya, berbagai inisiatif Tokopedia itu membuat belanja online lebih murah. “Dalam War Diskon misalnya, terdapat 12 kali rata-rata kenaikan peningkatan transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh pada momen 10.10,” tambah dia. 

Makin loyal

Benefit beragam kampanye dan fitur yang menghemat belanja sangat dirasakan oleh pengguna Tokopedia. Seperti halnya diungkapkan Leona Agustine yang menjadi pengguna dengan predikat Diamond atau tingkatan keanggotaan pembeli tertinggi di marketplace bercorak hijau ini.

Ilustrasi Alinea.id/M.T Fadillah.

“Lewat fitur ini, saya merasa lebih mudah mencari berbagai produk yang dibutuhkan tanpa harus mencari di toko yang berbeda. Saya juga bisa menghemat waktu yang biasa dihabiskan untuk mencari produk dan juga bisa lebih hemat dari segi ongkir karena berbagai kebutuhan yang dicari bisa dibeli dari satu toko saja,” ungkapnya.

Leona juga telah menggunakan fitur ‘Buy More Save More’ dan merasakan manfaat lebih banyak. Terutama saat belanja kebutuhan sehari-hari yang menjadi lebih terjangkau. “Karena makin banyak produk yang dibeli makin besar pula diskon yang diperoleh. Lewat fitur ini, saya juga bisa memilih produk apa saja yang ingin dibeli dengan mudah di section "Buy More Save More" pada halaman toko penjual favorit saya,” kata Leona.

Predikat Diamond yang disandangnya pun bukan tanpa sebab. Dia mengaku selama ini memilih Tokopedia sebagai e-commerce untuk berbagai keperluan. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, makanan anjing, skin care, furniture, dan lain-lain. Khususnya pada saat ini ketika ia tengah proses pindah rumah. 

“Aku banyak banget cari mulai dari printilan, furniture sampai lemari cari di Tokopedia,” bebernya.

Dia menilai, interface marketplace besutan William Tanuwijaya ini paling cocok untuk dirinya. Terlebih dari sisi tampilan juga ‘clean’ dan tidak terlalu banyak pernak-pernik dengan penggunaan fitur yang mudah dimengerti. “Untuk groceries pun pakai Tokopedia Now karena dua jam aja sampai, saya prefer belanja online daripada offline karena no ribet-ribet,” sambungnya.

Dia pun menilai fitur pencarian sekaligus sangat memudahkan karena membuat proses scrolling lebih simpel, ringkas dan tidak ribet sama sekali. Tidak hanya itu, Leona juga ‘rajin’ mengikuti berbagai kampanye yang diluncurkan Tokopedia. 

“Saya sangat tertarik akan produk yang ada di WAR Diskon Tokopedia, bahkan saya memasang alarm agar bisa ikut tepat waktu setiap pukul 14.00 WIB,” selorohnya.

Berita Lainnya
×
tekid