sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Libatkan masyarakat dalam pembangunan, DPUPR Gowa siapkan SIMTARU

Aplikasi SIMTARU bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan penataan ruang, terwujudnya optimalisasi monitoring,

Kartiko Bramantyo Dwi Putro
Kartiko Bramantyo Dwi Putro Jumat, 13 Mei 2022 10:10 WIB
Libatkan masyarakat dalam pembangunan, DPUPR Gowa siapkan SIMTARU

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, segera membuat Sistem Informasi Tata Ruang (SIMTARU) sebagai komitmen melibatkan masyarakat dalam pembangunan daerah.

Kepala DPUPR Gowa, Rusdi Alimuddin mengatakan, aplikasi SIMTARU bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan penataan ruang, terwujudnya optimalisasi monitoring, evaluasi dan pengendalian pemanfaatan ruang.

“Aplikasi SIMTARU ini bisa diakses oleh masyarakat umum. Insyaallah sudah bisa diakses pada bulan Oktober mendatang. Sekarang sementara tahap pengumpulan data melalui kegiatan seminar,” jelas Rusdi dalam seminar awal Pembuatan SIMTARU Gowa, Kamis (12/5).

Rusdi menjelaskan, SIMTARU juga bertujuan untuk mewujudkan sistem informasi tata ruang efektif dan efisien. Ia menyampaikan ada beberapa fitur dan halaman pada aplikasi ini, yakni halaman awal atau home page yang ditampilkan ketika pertama kali visitor mengakses website SIMTARU Kabupaten Gowa.

Sponsored

Kemudian profil, menampilkan informasi Visi dan Misi SIMTARU Kabupaten Gowa. Selanjutnya regulasi, menampilkan daftar file-file regulasi yang berkaitan dengan tata ruang Gowa.

“Lalu fitur pengaduan dan rekomendasi, halaman ini berisi form untuk pengunjung mengadukan setiap pelanggaran tata ruang dan merekomendasikan tentang tata ruang di Kabupaten Gowa,” tutur Rusdi.

Berita Lainnya