sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemkab Kukar optimis jadi lumbung pangan Kalimantan Timur

Pemkab Kukar memastikan ketersediaan lahan, pengairan, penyiapan petani unggul hingga sarana dan prasarana serta infrastruktur wilayah.

Nadya Angelica Mutiara Amanda
Nadya Angelica Mutiara Amanda Selasa, 28 Jun 2022 15:22 WIB
Pemkab Kukar optimis jadi lumbung pangan Kalimantan Timur

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) optimis wilayahnya menjadi lumbung pangan di Kalimantan Timur (Kaltim) melalui program pembangunan pertanian berbasis kawasan dan hilirisasi produk pertanian. Dalam mewujudkan hal tersebut, pemkab telah memastikan ketersediaan lahan, pengairan, penyiapan petani unggul hingga sarana dan prasarana serta infrastruktur wilayah.

"Saya sangat optimis Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi lumbung pangan di Kalimantan Timur," ujar Bupati Kukar, Edi Damansyah saat Ngapeh Hambat, Senin (27/6).

Edi mengatakan ia juga telah menginstruksikan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan singkronisasi percepatan pembangunan pertanian berbasis modern. Pembangunan yang telah dilaksanakan yakni pembangunan embung dan jalan usaha tani.

"Saya juga menginstruksikan kepada semua OPD di lingkungan Pemkab Kukar lakukan singkronisasi terhadap percepatan pembangunan pertanian berbasis modern, wujudkan Kukar lumbung pangan di Kalimantan Timur," tandasnya.

Sponsored

Sejalan dengan Edi, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar, Sutikno, menjelaskan program pembangunan pertanian berbasis kawasan dan hilirisasi produk pertanian meliputi pembangunan 120 embung skala kecil, perbaikan 120 Km jalan usaha tani, pembentukan unit usaha pertanian pada Perusdan dan BumDes termasuk koperasi petani.

"Selanjutnya mendorong petani nelayan milenial unggul dan revitalisasi sistem penyuluhan, peningkatan areal tanam jagung seluas 30.000 hentar, fasilitasi sarana dan prasarana bagi 25.000 nelayan atau pembudidaya perikanan dan pembangunan sentra industri kecil menengah," pungkasnya.

Berita Lainnya
×
tekid