sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

3 pernikahan keluarga kerajaan paling disorot pada 2018

Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle adalah salah satu perayaan kerajaan paling disorot sepanjang 2018.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Sabtu, 29 Des 2018 17:49 WIB
3 pernikahan keluarga kerajaan paling disorot pada 2018
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini

Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle menjadi salah satu peristiwa paling disorot sepanjang tahun 2018. Namun, pasangan itu bukan satu-satunya anggota keluarga kerajaan yang mengikat janji suci pada tahun ini.

Selain Pangeran Harry dan Meghan, ada Putri Eugenie dan Jack Brooksbank serta Putri Ayako dan Kei Moriya yang juga melangsungkan pernikahan pada 2018. 

Berikut ulasan tiga pernikahan anggota keluarga kerajaan paling disorot pada 2018:

1. Pangeran Harry dan Meghan Markel

Pernikahan Pangeran Harry (34) dan Meghan Markel (37) berlangsung pada 19 Mei di Kapel St George di Kastil Windsor, Inggris. Pengantin pria adalah putra kedua dari mendiang Putri Diana dan Pangeran Charles, sedangkan mempelai wanita dikenal sebagai aktris Hollywood.

Harry dan Meghan telah menjalin asmara sejak tahun 2016, dan secara resmi hubungan keduanya diakui pada 8 November 2016 ketika pihak Kerajaan Inggris merilis pernyataan sikap atas pelecehan demi pelecehan, termasuk komentar bernada rasial, seksisme, dan rasisme, yang ditujukan kepada Meghan.

Pengumuman terkait pernikahan Harry dan Meghan disampaikan oleh kediaman resmi Pangeran Charles atau Clarence House pada 27 November 2017. Mereka bertunangan pada awal bulan yang sama di London, di mana Harry memberi cincin berhias tiga berlian buatan Cleave and Company, perusahaan perhiasan resmi yang menjadi langanan Ratu Elizabeth II.

Dua dari tiga berlian itu berasal dari koleksi Putri Diana. Ada pun berlian utama bersumber dari Botswana, tempat keduanya pernah menghabiskan waktu bersama sebagai sepasang kekasih.

Cleave and Company juga dipercaya untuk membuat cincin kawin Harry dan Meghan. Cincin yang dikenakan Meghan terbuat dari emas Welsh yang dihadiahkan oleh Ratu Elizabeth II. Milik Harry adalah sebuah cincin Platinum dengan sentuhan akhir bertekstur.

Untuk menandai pernikahan keduanya, Royal Mint, perusahaan percetakan uang logam pemerintah, memproduksi koin 5 poundsterling dengan gambar Harry dan Meghan. Setelah menikah, Ratu Elizabeth II memberi Harry dan Meghan gelar Duke dan Duchess of Sussex.

Meghan adalah warga Amerika Serikat keduda dan seorang ras campuran pertama yang menikah dengan keluarga Kerajaan Inggris. Sebelumnya, Raja Edward VIII rela turun takhta demi dapat memperistri Wallis Simpson, perempuan kelahiran Pennsylvania.

Di bawah ketentuan Succession to the Crown Act 2013, enam orang pertama dalam garis suksesi memerlukan persetujuan untuk menikah dan Harry berada di urutan kelima pada saat pertunangannya. Izin dari Ratu Elizabeth II diumumkan kepada Dewan Penasihat Kerajaan Inggris pada 14 Maret 2018.

Perjalanan Meghan untuk menjadi istri Harry juga diwarnai dengan pembaptisan dan pengukuhannya ke dalam Gereja Inggris oleh Uskup Agung Canterbury Justin Welby di Istana St. James pada 6 Maret 2018. 

Meghan sendiri pernah menikah dengan Trevor Engelson, seorang produser dan sutradara film Hollywood. Pasangan ini menikah pada 2011 dan berpisah pada 2013. 

Statusnya sebagai janda tidak jadi penghalang bagi pernikahannya dengan Harry, mengingat sejak 2002, Gereja Anglikan telah mengizinkan pernikahan dengan pasangan cerai hidup.

Pada 15 Oktober, Kensington Palace mengumumkan bahwa Meghan tengah mengandung. Anak pertama Harry dan Meghan, yang berada pada urutan pewaris takhta Inggris, akan lahir pada Musim Semi 2019. 

Berita Lainnya