logo alinea.id logo alinea.id

7 perempuan paling tajir di dunia

Pasca-perceraiannya dengan CEO Amazon Jeff Bezos, Mackenzie, bertengger di posisi ketiga dalam daftar wanita terkaya di dunia.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Sabtu, 06 Apr 2019 10:34 WIB
7 perempuan paling tajir di dunia

Kabar perceraian orang terkaya di dunia, Jeff Bezos (55), menyita perhatian, menyusul besarnya gana-gini yang diumumkan.

Bezos, yang merupakan CEO Amazon, setuju bercerai dengan istrinya, MacKenzie (48), melalui kesepakatan bernilai sedikitnya US$35 miliar atau setara dengan Rp494 triliun. 

Kesepakatan tersebut sontak menempatkan MacKenzie dalam jajaran wanita terkaya di dunia. Termasuk MacKenzie, berikut tujuh perempuan tajir melintir di Bumi:

1. Françoise Bettencourt-Meyers

Dengan kekayaan bersih US$49,3 miliar atau kurang lebih Rp695 triliun, Françoise Bettencourt-Meyers, yang merupakan pewaris perusahaan kosmetik L'Oréal, berada di urutan teratas wanita terkaya di dunia versi majalah Forbes.

Françoise Bettencourt-Meyers dan keluarganya memiliki 33% saham di L'Oréal.

Secara umum, perempuan berusia 65 tahun itu, merupakan orang ke-15 paling kaya di dunia. Bettencourt-Meyers mewarisi kekayaan dari ibunya, Liliane Bettencourt, yang meninggal pada September 2017 dalam usia 94 tahun. 

Françoise Bettencourt-Meyers juga seorang akademisi dan telah menerbitkan buku, salah satunya tentang mitologi Yunani.

2. Alice Walton

Perempuan nomor dua terkaya di dunia adalah Alice Walton (69) yang merupakan satu-satunya putri dari Sam Walton, pendiri raksasa supermarket di Amerika Serikat, Walmart. 

Kekayaan bersih Alice mencapai US$44,4 miliar atau setara dengan Rp626 triliun. Forbes menempatkannya di peringkat ke-17 dalam daftar orang kaya dunia.

Tidak seperti dua saudara laki-lakinya yang mengurus perusahaan keluarga, Alice memilih fokus pada seni. Dia memimpin Crystal Bridges Museum of American Art di kampung halaman keluarga itu di Bentonville, Arkansas.

3. MacKenzie Bezos

Belum diketahui pasti nilai kekayaan bersih MacKenzie Bezos. Namun, perempuan kelahiran 7 April 1970 itu mengantongi setidaknya US$35,6 miliar dari nilai sahamnya di Amazon.

Pasca-perceraiannya, MacKenzie akan mempertahankan 4% saham perusahaan di Amazon. Namun, dia bakal melepas sahamnya di surat kabar Washington Post dan perusahaan perjalanan antariksa Blue Origin.

Dari hasil pernikahannya dengan Jeff Bezos pada 1993, MacKenzie dikaruniai empat anak. 

MacKenzie adalah salah satu karyawan pertama Amazon, setelah dia bergabung sebagai seorang akuntan. 

Janda Bezos ini juga dikenal sebagai novelis. Dia telah menerbitkan dua buku fiksi, The Testing of Luther Albright dan Traps.

MacKenzie dilatih menulis oleh Toni Morrison, peraih Pulitzer 1988, dan disebut sebagai salah satu murid terbaik.

Selain itu, MacKenzie juga mendirikan organisasi untuk memerangi perundungan, yang dinamai Bystander Revolution.

4. Jacqueline Mars

Kekayaan bersih Jacqueline Mars mencapai US$23,9 miliar atau setara Rp337 triliun, menjadikannya berada di peringkat ke-33 dalam daftar orang terkaya di dunia.

Perempuan berusia 79 tahun itu memiliki sepertiga saham Mars, Incorporated, perusahaan berbagai produk makanan asal Amerika Serikat, yang didirikan oleh kakeknya Frank C. Mars pada 1911.

Dia bekerja untuk perusahaan keluarga selama hampir 20 tahun, hingga 2016.

Sekarang dia digambarkan sebagai seorang filantropis, termasuk dengan menjadi anggota dewan di Washington National Opera dan Arsip Nasional.

Mars, Incorporated adalah salah satu produsen makanan hewan peliharaan terbesar di Negeri Paman Sam.

5. Yang Huiyan

Yang Huiyan (37) merupakan pemilik saham mayoritas di perusahaan properti raksasa China, Country Garden Holdings, yang telah menunggangi gelombang ledakan pembangunan di Negeri Tirai Bambu. Kekayaan bersihnya ditaksir mencapai US$22,1 miliar atau sekitar Rp311 triliun, menjadikannya wanita paling tajir di Tiongkok dan orang terkaya ke-42 di Bumi.

Country Garden Holdings menyebut dirinya sebagai pengembang properti terbesar ketiga di dunia pada 2016.

Yang Huiyan, yang merupakan lulusan Ohio State University, mewarisi sebagian besar dari 57% sahamnya di perusahaan dari sang ayah.

6. Susanne Klatten

Perempuan terkaya berikutnya datang dari Jerman. Adalah Susanne Klatten, yang mewarisi 50% saham dari perusahaan kimia Altana AG. Susanne dan saudara laki-lakinya juga memiliki nyaris 50% saham di BMW.

Almarhum ibu mereka, Johanna, merupakan istri ketiga dari industrialis legendaris Herbert Quandt, yang mengawal BMW unggul di kelas pasar mewah. 

Kekayaan bersih perempuan berusia 56 tahun ini mencapai US$21 miliar atau sekitar Rp296 triliun, mendudukkannya pada peringkat ke-46 orang terkaya di dunia.

Susanne merupakan seorang ekonom dengan gelar MBA. Selain Altana AG dan BMW, ibu tiga anak itu juga memiliki saham di perusahaan pembangkit tenaga angin Nordex AG serta produsen karbon dan grafit SGL Group. 

7. Laurene Powell Jobs

Dengan kekayaan bersih menyentuh angka US$18,6 miliar atau setara Rp262 triliun, janda mendiang pendiri Apple Steve Jobs, Laurene Powell Jobs, tercatat sebagai orang terkaya ke-54 di dunia.

Laurene dan keluarganya mewarisi saham bernilai US$20 miliar di Apple dan Disney ketika sang suami meninggal pada Oktober 2011.

Sejak kepergian Steve Jobs, Laurene memilih menginvestasikan sebagian uangnya di dunia jurnalistik. Dia mengambil saham mayoritas di majalah The Atlantic, serta berinvestasi pula di Mother Jones dan ProPublica.

Perempuan usia 55 tahun itu berinvestasi pula di sekolah keterampilan coding dan mendirikan Emerson Collective Foundation, yang bertujuan mereformasi imigrasi dan pendidikan. (BBC dan Forbes)