sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Amerika akan stempel grup tentara bayaran Wagner sebagai 'organisasi kriminal transnasional'

Pembangkangan terbuka Prigozhin terhadap Kementerian Pertahanan Rusia adalah upaya untuk menghasilkan publisitas positif untuk dirinya.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Sabtu, 21 Jan 2023 06:55 WIB
Amerika akan stempel grup tentara bayaran Wagner sebagai 'organisasi kriminal transnasional'

Amerika Serikat akan menetapkan organisasi tentara bayaran Rusia Wagner Group sebagai "organisasi kriminal transnasional". AS pun akan menjatuhkan sanksi tambahan minggu depan terhadap kelompok tersebut dan jaringan pendukungnya di seluruh dunia.

"Tindakan ini mengakui ancaman lintas benua yang ditimbulkan Wagner, termasuk melalui pola aktivitas kriminal serius yang berkelanjutan," Koordinator Dewan Keamanan Nasional untuk Komunikasi Strategis John Kirby mengatakan kepada wartawan pada hari Jumat, menjelang pengumuman Departemen Keuangan.

Bersamaan dengan sanksi baru, AS telah merilis foto-foto kereta api Rusia yang baru dibuka dari Rusia ke Korea Utara dan kembali pada bulan November, dalam apa yang AS yakini sebagai pengiriman awal roket dan rudal infanteri untuk digunakan oleh organisasi tentara bayaran Wagner Group di Ukraina.

Kirby mengatakan bahwa sementara AS tidak percaya peralatan tersebut telah mengubah dinamika medan perang di Ukraina, AS memperkirakan pengiriman sistem senjata semacam itu dari Korea Utara ke Rusia akan terus berlanjut. Rusia juga telah menerima peralatan, termasuk drone, dari Iran, karena pasokan militernya berkurang selama perang.

“Transfer senjata dari [Korea Utara] merupakan pelanggaran langsung terhadap resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa,” kata Kirby, seraya menambahkan bahwa AS telah berbagi informasi intelijennya dengan panel ahli komite sanksi DPRK Dewan Keamanan.

Seorang pejabat senior intelijen barat menggemakan penilaian itu pada hari Jumat, mengatakan kepada wartawan bahwa Barat “pasti khawatir bahwa Korea Utara mungkin berencana untuk memperluas dan mengirimkan lebih banyak peralatan militer atau untuk mempertahankan pengiriman tersebut.”

Ketegangan militer Rusia dan kelompok tentara bayaran 

Secara lebih luas, AS menilai ada ketegangan antara Kementerian Pertahanan Rusia dan Wagner karena Presiden Rusia Vladimir Putin semakin mengandalkan Wagner untuk melakukan operasi di Ukraina. Ada sekitar 50.000 pejuang Grup Wagner yang saat ini dikerahkan ke Ukraina, menurut Kirby, termasuk 10.000 kontraktor dan 40.000 narapidana.

Sponsored

“Wagner menjadi pusat kekuatan saingan bagi militer Rusia dan kementerian Rusia lainnya,” kata Kirby, dan AS memiliki intelijen yang menyatakan bahwa Kementerian Pertahanan Rusia “memiliki keberatan” tentang perekrutan besar-besaran Wagner dari penjara Rusia.

Yevgeny Prigozhin, kepala Grup Wagner, mengeluh bahwa Kementerian Pertahanan Rusia telah merusak upaya perang, dan para pejuang Wagner harus diberi lebih banyak peralatan, otoritas, dan otonomi untuk melakukan operasi di Ukraina.

Seorang pejabat senior AS mengatakan kepada CNN bulan lalu bahwa Grup Wagner telah kehilangan ribuan pejuang di Ukraina dalam dua bulan terakhir saja, paling banyak dalam operasinya di sekitar Bakhmut di Ukraina timur. Tetapi mereka juga terbukti lebih efektif daripada militer Rusia di beberapa daerah, kata pejabat Pentagon.

Ketegangan antara pejabat pertahanan Kremlin dan pemimpin Grup Wagner juga meningkat di tengah keluhan publik oleh tentara bayaran bahwa mereka kehabisan peralatan dan laporan bahwa pemimpin mereka, Prigozhin, ingin mengambil kendali tambang garam yang menguntungkan di dekat Bakhmut.

Dalam sebuah video yang diputar di media pemerintah Rusia, pejuang Wagner Group mengeluh bahwa mereka kehabisan kendaraan tempur, peluru artileri dan amunisi, yang membatasi kemampuan mereka untuk menaklukkan Bakhmut – kekurangan yang kemudian disalahkan Prigozhin pada “birokrasi internal dan korupsi.”

AS percaya bahwa pembangkangan terbuka Prigozhin terhadap Kementerian Pertahanan Rusia adalah upaya untuk menghasilkan publisitas positif untuk dirinya sendiri.

“Prigozhin mencoba memajukan kepentingannya sendiri di Ukraina,” kata Kirby pada hari Jumat. “Dan Wagner membuat keputusan militer sebagian besar berdasarkan apa yang akan menghasilkan publisitas positif untuk Prigozhin.”(cnn)

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid