sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Apa yang dilakukan 6 balon Rusia yang ditembak di langit Kiev?

Dia membenarkan bahwa sirene serangan udara telah meraung di ibu kota pada hari Rabu karena balon terbang.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Kamis, 16 Feb 2023 12:40 WIB
Apa yang dilakukan 6 balon Rusia yang ditembak di langit Kiev?

Administrasi militer Ukraina mengatakan militer Ukraina menembak jatuh enam balon Rusia yang terlihat di atas Kiev. Pemerintah mengatakan balon-balon itu mungkin membawa reflektor sudut dan peralatan pengintaian.

Tidak jelas apakah balon terbang di atas ibu kota, meskipun peringatan udara terdengar di Kiev pada hari Rabu.

"Menurut informasi yang sekarang sedang diklarifikasi, ini adalah balon yang bergerak di udara di bawah dorongan angin," tulis administrasi militer di aplikasi perpesanan Telegram, Rabu (15/2).

"Tujuan peluncuran balon mungkin untuk mendeteksi dan melemahkan pertahanan udara kita."
 
Sesaat sebelum pengumuman, juru bicara angkatan udara Ukraina Yuriy Ihnat mengatakan Rusia, yang menginvasi Ukraina pada Februari tahun lalu, dapat menggunakan balon dalam upaya baru untuk mempertahankan stok drone pengintainya.

"Drone pengintai seperti Orlan-10 sekarang digunakan lebih hemat (oleh Rusia), dan mereka berpikir 'Mengapa kita tidak menggunakan balon ini?' Jadi mereka menggunakannya," kata Ihnat kepada televisi Ukraina.

Dia membenarkan bahwa sirene serangan udara telah meraung di ibu kota pada hari Rabu karena balon terbang.

Ihnat menggemakan saran administrasi militer bahwa Rusia dapat menggunakan balon untuk mengalihkan perhatian pertahanan udara Ukraina.

"Musuh ingin kita menggunakan pertahanan udara kita, yang melindungi objek strategis kita, pada balon-balon ini, tanpa mengorbankan apa pun."(indiatoday)

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid