sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Argentina sumbang dana untuk atasi kekeringan di Sungai Parana

Kekeringan telah mengurangi jumlah kargo yang dapat diangkut oleh kapal pada puncak musim ekspor jagung dan kedelai Argentina.

Eqqi Syahputra
Eqqi Syahputra Minggu, 18 Jul 2021 17:45 WIB
Argentina sumbang dana untuk atasi kekeringan di Sungai Parana

Argentina mengatakan pada Sabtu (17/7), bahwa mereka akan menyumbangkan US$10,4 juta untuk membantu meringankan kekeringan yang sedang berlangsung di Sungai Parana, Brazil. Wilayah tersebut telah menjadi rute transportasi utama untuk tanaman biji-bijian yang berharga di negara itu.  Kekeringan ini menyebabkan tanaman-tanaman tersebut layu ke level terendah dalam 77 tahun.

Kurangnya hujan di Brazil, tempat asal Parana, telah mengurangi lalu lintas kargo secara tajam dan memicu kekhawatiran di antara masyarakat lokal yang bergantung pada sungai untuk air minum. Kekeringan juga telah mengurangi jumlah kargo yang dapat diangkut oleh kapal pada puncak musim ekspor jagung dan kedelai Argentina.

“Dampak pada pasokan dan kualitas air minum, navigasi dan operasi pelabuhan, ekosistem, fauna ikan, dan pembangkit listrik tenaga air diharapkan,” kata pemerintah Argentina dalam sebuah pernyataan.

Pemerintah Argentina mengatakan, dana tersebut akan didedikasikan untuk membantu provinsi dan masyarakat yang bergantung pada sungai. Sekitar 80% ekspor pertanian Argentina dikapalkan dari pelabuhan Rosario dan menyusuri Parana, ke Atlantik.

Sponsored

Kedangkalan Parana mengancam merugikan petani dan eksportir biji-bijian negara itu hampir US$315 juta selama periode enam bulan hingga Agustus.

Argentina adalah eksportir jagung nomor tiga dunia dan pemasok utama pakan kedelai yang digunakan untuk pangan babi dan unggas dari Eropa hingga Asia Tenggara.

Berita Lainnya