sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Australia-RI bahas kerja sama peningkatan kapasitas vaksin

Kedua menlu juga mendiskusikan rencana pertemuan 2+2.

Valerie Dante
Valerie Dante Kamis, 27 Agst 2020 15:06 WIB
Australia-RI bahas kerja sama peningkatan kapasitas vaksin
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 404.048
Dirawat 60.569
Meninggal 13.701
Sembuh 329.778

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi melakukan pembicaraan via telepon dengan Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne, Rabu (26/8). Keduanya membahas isu kerja sama kesehatan, termasuk terkait vaksin coronavirus baru (Covid-19).

"Australia ingin memperkuat kerja sama antara lembaga penelitian, seperti dengan Eijkman Institute untuk peningkatan kapasitas termasuk di bidang vaksin," jelas Retno dalam pengarahan media, Kamis (27/8).

Mengenai kerja sama kesehatan, Australia berkomitmen memberikan dukungan ventilator sebanyak 100 unit. Seluruhnya telah diterima. "Sementara peralatan pelengkapnya, menurut rencana akan tiba pada September," lanjutnya.

Selain itu, kedua menlu juga membahas mengenai rencana pertemuan trilateral Indonesia-Australia-India.

Sponsored

"Dalam pembicaraan kemarin, saya menyampaikan, bahwa selain membahas isu kawasan atau internasional, pertemuan trilateral dapat mengangkat kerja sama penanganan Covid-19 dan dampak sosial-ekonominya," ungkap dia.

Menlu Payne dan Menlu Retno juga mendiskusikan rencana pertemuan 2+2, yakni antara menlu dan menteri pertahanan kedua negara.

"Kita masih melihat perkembangan Covid-19 dan akan menentukan waktu serta tempat pertemuan pada kesempatan lainnya," sebutnya.

Berita Lainnya