sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Banjir bandang melanda Castelleone Itali

Sembilan orang meninggal dunia akibar banjir bandang di Castelleone, Itali.

Aditya Putera Pratama
Aditya Putera Pratama Sabtu, 17 Sep 2022 09:17 WIB
Banjir bandang melanda Castelleone Itali

Marche merupakan wilayah bagian tengah Italia yang saat ini dilanda banjir bandang. Wilayah regional tersebut saat ini sedang lumpuh akibat bencana tersebut, termasuk pusat kotanya. Hal ini membuat kekhawatiran dan ketakutan warga tersebut.

Dlansir dari TheGuardian, Sabtu (17/9), setidaknya ada sembilan orang tewas dalam kejadian ini dan empat orang hilang. Sementara, puluhan warga menyelamatkan diri dengan cara memanjat ke atap atau pohon yang berada di dekat mereka. Banjir ini terjadi akibat curah hujan yang lebat sejak Kamis (15/9).

“Rasa sakit atas apa yang telah terjadi sangat dalam, tetapi masyarkat Marche kuat dan akan tahu bagaimana harus bereaksi,” ucap Francesco Acquaroli selaku Gubernur Marche. 

Salah satu kota yang terdampak di wilayah Marche, yaitu kota Castelleone. Bantuan pun difokuskan kepada korban di kota tersebut. Pada Jumat (16/9), tim penyelamat berusaha mengevakuasi seorang bocah berumur delapan tahun di Castelleon.

Sponsored

“Tadi malam kami menemukan ibunya hidup, dia berada di mobilnya ketika dia melihat air datang dan dia keluar dengan anak itu dengan memegang bahunya. Namun kemudian mereka terseret,” tutur Carlo Manfredi selaku Wali Kota Castellone. 

Hal tersebut membuat luka dan ketakutan bagi masyarakat Marche karena beberapa warga kehilangan nyawa akibat kejadian ini. 

Pada saat ini, Italia sedang bersiap untuk menghadapi pemilihan umum untuk memilihi pemimpin yang baru. Namun sayangngnya, isu perubahan iklim tidak menjadi topik utama untuk tema perdebatan para calon kandidat. Namun jika dilihat lagi, para politisi di negara tersebut mulai membicarakan isu permasalahan ini agar mendapat dukungan.
Permasalah perubahan iklim akan menjadi pembahasan hangat di negara ini usai peristiwa banjir yang melanda.

Berita Lainnya
×
tekid