sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Biden umumkan kabinet baru, siapa saja mereka?

Biden berjanji untuk memilih kabinet yang mencerminkan keragaman penduduk AS.

Angelin Putri Syah
Angelin Putri Syah Selasa, 24 Nov 2020 13:13 WIB
Biden umumkan kabinet baru, siapa saja mereka?
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden merilis nama-nama anggota kabinet untuk menjalankan roda pemerintahannya. Mereka yang ditunjuk Biden pada 23 November 2020 itu, sebagian berwajah lama.

Biden sebelumnya telah berjanji untuk memilih kabinet yang mencerminkan keragaman penduduk Amerika Serikat. Berikut delapan calon anggota kabinet pilihan Biden tersebut:

1. Ron Klain Kepala Staf Gedung Putih

Biden pertama kali memilih penasihat lamanya Ron Klain sebagai Kepala Staf Gedung Putih. Sebelumnya ia pernah menjadi koordinator penanganan virus Ebola pada pemerintahan Obama selama 2014 dan 2015, pengalaman penting yang harus dimiliki dalam pandemi yang telah menewaskan lebih dari 250.000 warga Amerika.

2. Antony Blinken Menlu AS

Blinken adalah Wakil Menteri Luar Negeri era Pemerintahan Obama. Dia juga dikenal memiliki hubungan dekat dengan Biden. Beberapa media asing seperti Bloomberg dan New York Times melaporkan bahwa Biden berencana untuk menunjuk ajudan lamanya sebagai Menteri Luar Negeri.

3. Alejandro Mayorkas calon Menteri Keamanan Dalam Negeri AS

Mayorkas adalah mantan Wakil Sekretaris Departemen Keamanan Dalam Negeri dan akan menjadi orang Latin dan imigran pertama yang dinominasikan untuk mengepalai badan tersebut.

Sponsored

Saat menjabat sebagai Direktur Layanan Kewarganegaraan dan Imigrasi A.S. di bawah Obama, ia memimpin implementasi program Deferred Action for Childhood Arrivals (DACA), program yang memberikan perlindungan kepada imigran yang juga diimpikan Biden.

4. Linda Thomas-Greenfield calon Duta Besar PBB

Thomas-Greenfield adalah diplomat kondang era Obama di Afrika, dari 2013 hingga 2017. Dia menahkodai kebijakan AS di sub-Sahara Afrika selama wabah Ebola di Afrika Barat.

Setelah meninggalkan Departemen Luar Negeri, Thomas-Greenfield mengambil posisi kepemimpinan senior di perusahaan strategi global. Biden berencana untuk menjadikannya Duta Besar PBB.

5. John Kerry urus iklim

Kerry adalah tokoh senior terkemuka di Partai Demokrat. Dia juga merupakan eks Sekretaris Negara Pemerintahan Obama, mantan senator dari Massachusetts selama lebih dari 25 tahun, dan calon presiden dari Partai Demokrat pada 2004. Biden memilihnya sebagai spesialis iklim.

6. Avril Haines urus intelijen

Haines adalah mantan Wakil Direktur CIA dan mantan Wakil Penasihat Keamanan Nasional di Pemerintahan Obama. Dia akan menjadi wanita pertama yang dinominasikan untuk memimpin komunitas intelijen AS.

7. Jake Sullivan Penasihat Keamanan Nasional

Sullivan merupakan Penasihat Keamanan Nasional Biden di era Pemerintahan Obama. Dia juga menjabat Wakil Kepala Staf Menteri Luar Negeri Hillary Clinton. Kali ini dia dinominasikan sebagai Penasihat Keamanan Nasional di kabinet baru Joe Biden.

8. Janet Yellen Menteri Keuangan

Biden berencana untuk mencalonkan mantan Ketua Federal Reserve Janet Yellen untuk menjabat Menteri Keuangan. Jika dikonfirmasi oleh Senat, Yellen akan menjadi wanita pertama yang memegang pekerjaan itu. (Voice of America dan New York Magazine)

Berita Lainnya