sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Brasil pindahkan kedubes ke Yerusalem pada 2020?

Netanyahu mengklaim telah mendapat jaminan soal pengakuan Brasil atas Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dari putra Presiden Jair Bolsonaro.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 16 Des 2019 09:52 WIB
Brasil pindahkan kedubes ke Yerusalem pada 2020?
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 516.753
Dirawat 66.752
Meninggal 16.352
Sembuh 433.649

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Minggu (15/12) mengatakan dia telah diberi jaminan oleh putra Presiden Brasil, Eduardo Bolsonaro, bahwa Negeri Samba akan mengikuti langkah Amerika Serikat untuk memindahkan kedutaan besar ke Yerusalem pada 2020.

"Brasil berkomitmen untuk memindahkan kedubesnya ke Yerusalem pada 2020," demikian pernyataan PM Netanyahu yang menyebut dirinya telah bertemu dengan Eduardo.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro sebelumnya telah memberi isyarat bahwa dia bermaksud untuk memindahkan Kedubes Brasil di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Namun, para pejabat senior membantah ucapan Bolsonaro dengan alasan takut merusak hubungan dagang dengan negara-negara Timur Tengah.

Tahun ini, Brasil baru membuka misi dagang bagi Israel di Yerusalem.

Kepada misi dagang tersebut, Eduardo menyatakan bahwa ayahnya menegaskan akan segera memindahkan kedubes ke Yerusalem. Namun, dia tidak memberikan tanggal pasti.

Presiden AS Donald Trump melanggar konsensus global dengan mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada akhir 2017. Buntut dari pernyataannya, dia memindahkan Kedubes AS ke kota itu pada Mei 2018.

Mayoritas kekuatan dunia bersikap, status Yerusalem seharusnya diputuskan sebagai bagian dari proses perdamaian dengan Palestina.

Sponsored


Sumber : Reuters

Berita Lainnya