logo alinea.id logo alinea.id

Di Arab Saudi, perempuan dapat notifikasi cerai lewat SMS

Aturan baru ini dirancang demi mencegah para suami mengakhiri pernikahan secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan istri.

Valerie Dante Senin, 07 Jan 2019 11:30 WIB
Di Arab Saudi, perempuan dapat notifikasi cerai lewat SMS

Perempuan di Arab Saudi kini akan mendapat notifikasi berupa pesan singkat (SMS) jika mereka telah resmi diceraikan suaminya.

Langkah baru ini dirancang untuk mencegah tindakan suami yang mengakhiri pernikahan secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan istri mereka.

Pengadilan Arab Saudi mulai memberlakukan hukum ini sejak Minggu (6/1).

Kementerian Kehakiman Arab Saudi dalam sebuah pernyataannya menyebutkan, "kebijakan ini bertujuan melindungi hak-hak klien perempuan, dan meningkatkan transformasi digital dengan lebih banyak layanan."

Pesan singkat tersebut juga mencakup nomor surat perceraian dan nama pengadilan terkait untuk mengambil salinan dokumen perceraian.

Selain mendapat notifikasi, para perempuan juga dapat mengecek status perkawinan mereka dan melihat rincian surat pengesahan hakim pada situs kementerian.

Langkah ini merupakan bagian dari reformasi sosial dan ekonomi yang dikenal sebagai Vision 2030 yang dipromosikan oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman atau yang kerap disapa MBS.

Sponsored

Pada Juni 2018, MBS dipuji kaum wanita karena mencabut larangan bagi perempuan untuk menyetir.

Riyadh juga telah mengizinkan perempuan untuk memasuki stadion olahraga yang sebelumnya merupakan arena khusus pria.

Selain itu, Arab Saudi mendorong lebih banyak partisipasi perempuan dalam angkatan kerja sebagai upaya mendiversifikasi ekonomi yang selama ini bergantung pada minyak.

Namun, reformasi ini berjalan disertai dengan tindakan pemerintah yang menangkap sejumlah aktivis perempuan akibat perbedaan pendapat.

Arab Saudi juga menghadapi kritik keras atas sistem perwalian pria yang mereka terapkan. Sistem ini memungkinkan laki-laki menggunakan wewenang mereka untuk membuat keputusan atas nama kerabat perempuan mereka.

MBS dianggap sebagai reformis hingga pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi terjadi pada Oktober 2018 di konsulat Arab Saudi di Istanbul. Riyadh telah berulang kali membantah keterlibatan MBS dalam tragedi tersebut. (CNN dan The Guardian)