sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Diserang di Laut Hitam, kapal logistik Rusia terbakar

Vsevolod Bobrov rupanya terkena serangan di lepas pantai Pulau Ular dan dibiarkan "terpincang-pincang" kembali ke Sevastopol.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Jumat, 13 Mei 2022 16:35 WIB
Diserang di Laut Hitam, kapal logistik Rusia terbakar

Sebuah kapal logistik Rusia terbakar setelah dihantam di Laut Hitam, memaksanya untuk kembali ke pelabuhan. Kabar ini dilaporkan seorang pejabat Ukraina.

Vsevolod Bobrov rupanya terkena serangan di lepas pantai Pulau Ular dan dibiarkan "terpincang-pincang" kembali ke Sevastopol.

Serhiy Bratchuk, juru bicara Administrasi Militer Regional Odesa, mengatakan: “Sebagai akibat dari tindakan Angkatan Laut kami, kapal logistik Vsevolod Bobrov, salah satu yang terbaru di armada Rusia, terbakar. Mereka bilang kapal itu tertatih-tatih menuju Sevastopol.”

Namun juru bicara itu menambahkan bahwa "informasi tersebut belum diklarifikasi", dan The Independent tidak dapat memverifikasi laporan tersebut.

Seorang pejabat senior Ukraina, juga mengklaim bahwa Kepala Staf Umum Rusia, Valery Gerasimov, telah diskors di tengah invasi Kremlin yang goyah.

Oleksiy Arestovych, seorang penasihat militer untuk presiden Ukraina, mengatakan "informasi awal" menyarankan Jenderal Gerasimov telah dicopot dari jabatannya sementara Vladimir Putin dan lingkaran dalamnya menilai apakah dia harus diizinkan untuk terus memimpin angkatan bersenjata negara itu.

Independent melaporkanb, sejauh ini belum ada konfirmasi resmi mengenai pemecatan yang dilaporkan, meskipun spekulasi tentang pembersihan komandan militer senior meningkat setelah Jenderal Gerasimov absen dari parade Hari Kemenangan tahunan Rusia pada hari Senin.

"Angkatan bersenjata Rusia telah mengalami beberapa kemunduran besar dalam perang mereka, gagal merebut Kiev sejak dini dan menanggung kerugian besar – baik dalam nyawa maupun peralatan," tulis Independent.

Sponsored
Berita Lainnya