sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Jutaan warga China mudik untuk rayakan Imlek

Stasiun dipadati ribuan warga yang hendak mudik. Begitu juga dengan bandara udara yang ramai karena banyak warga yang hendak mudik.

Dika Hendra
Dika Hendra Jumat, 16 Feb 2018 08:00 WIB
Jutaan warga China mudik untuk rayakan Imlek

Jutaan warga di China menggunakan berbagai moda transportasi untuk kembali ke kampung halaman guna merayakan imlek. Hal tersebut menjadi migrasi manusia musiman terbesar di dunia.

Festival tahun baru Imlek dirayakan pada Jumat (16/2), di mana banyak pekerja migran yang bekerja di kawasan China timur memilih kembali ke kampung halaman untuk bertemu dengan keluarga dan kawan. Itu telah menjadi ritual tahunan yang patut dirayakan.

Stasiun dipadati ribuan warga yang hendak mudik. Begitu juga dengan bandara udara yang ramai karena banyak warga yang hendak mudik. Ribuan warga juga memilih mudik dengan kendaraan pribadi.

Melansir ABC News, operator kereta api China melaporkan 98,8 juta orang menggunakan moda transportasi kereta selama musim mudik Imlek. Kantor berita Xinhua melaporkan 1,1 juta orang masuk ke stasiun kereta di Beijing pada Selasa (13/2) dan Rabu (14/2) saja. Selain itu, warga China yang berada di luar negeri juga menggunakan momen Imlek untuk mudik.

Sponsored

Sementara warga China yang mapan memilih berlibur di luar negeri diperkirakan mencapai 6,5 juta warga berangkat ke Thailand, Jepang, Uni Emirat Arab dan negara-negara Skandinavia.

Berita Lainnya