sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Indonesia berharap Saudi izinkan WNI umrah

Pemerintah Arab Saudi segera mengizinkan kembali umat Islam untuk melakukan umrah di Tanah Suci.

Valerie Dante
Valerie Dante Rabu, 30 Sep 2020 21:18 WIB
Indonesia berharap Saudi izinkan WNI umrah
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 534.266
Dirawat 66.752
Meninggal 16.825
Sembuh 445.793

Pemerintah Arab Saudi pada awal pekan kembali mengeluarkan maklumat terkait pelaksanaan ibadah umrah dalam waktu dekat. Haji kecil akan dilakukan bertahap dengan pembatasan kuota jemaah.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Teuku Faizasyah, menyatakan, Indonesia mengetahui maklumat tersebut. Pun langsung berkoordinasi dengan pemerintah setempat.

"Pemerintah Indonesia telah melakukan komunikasi kepada pemerintah Arab Saudi, termasuk komunikasi yang dilakukan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Arab Saudi," katanya dalam pengarahan media secara virtual, Rabu (30/9).

Dia mengatakan, Retno menyampaikan harapan agar Indonesia masuk daftar negara yang diizinkan umrah.

"Merespons hal tersebut, pihak Arab Saudi menyampaikan telah mencatat secara positif keinginan Indonesia tersebut," jelasnya.

Arab Saudi akan segera membuka kembali ibadah umrah. Rencananya, ibadah akan dibuka pada 4 Oktober.

Melansir Arab News, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Mohammed Saleh Benten, menjelaskan, pendaftaran umrah dapat dilakukan secara daring (online). Para calon jemaah bisa mengunduh aplikasi yang dibuat kementerian, Eatmarna.

Para jemaah pun wajib menjaga jarak fisik dan mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran coronavirus baru (Covid-19).

Sponsored
Berita Lainnya