sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Kisah orang tajir dunia, berkah untung saham dalam sepekan

Kenaikan harga saham menempatkan Yan Huiyan dan Jeff Bezos sebagai orang terkaya di negaranya hanya dalam sepekan.

Mona Tobing
Mona Tobing Selasa, 09 Jan 2018 15:32 WIB
Kisah orang tajir dunia, berkah untung saham dalam sepekan

Inilah kisah-kisah orang tajir dunia yang mendulang untung berkah dari melejitnya harga saham perusahaan miliknya. Dua miliarder yakni Yan Huiyan dan Jeff Bezos disebut meraup keuntungan besar sepekan pada awal tahun baru ini. 

Kedua pengusaha sukses tersebut mencatat keuntungan bersih dari kenaikan saham perusahaan dan menyematkan mereka pada posisi orang terkaya di negaranya. Huiyan yang merupakan Vice Chairman dari perusahaan properti raksasa asal China Country Garden Holdings Co mencetak kekayaan hingga mencapai US$ 2,1 miliar hanya dalam waktu empat hari sesaat perdagangan bursa Hong Kong dimulai awal tahun. 

Yang, pemegang saham pengendali Country Garden pun mengalami lonjakan kekayaannya menjadi US$ 25,6 miliar pada 5 Januari. Wanita berusia 36 tahun ini menduduki peringkat kelima sebagai orang terkaya di China, menurut Indeks Bloomberg. Kekayaan Yang merupakan berkah dari naiknya saham Country Garden 7,4% dan mencatat keuntungan year to date (YTD) sampai 17%. Walhasil, dia menjadi wanita terkaya China dan miliarder termuda menurut Bloomberg. 

Kekayaan Yang tentu berkat andil keluarga. Ayah Yang Yeung Kwok Keung yang mendirikan Country Garden pada tahun 1992 menyerahkan seluruh sahamnya dan menjadikan Yang sebagai pengendali perusahaan. 

Memang sejak muda, ayahnya telah melatih Yang sebagai penerus bisnis keluarga. Seperti diketahui Country Garden tidak hanya besar di pasar properti China, namun juga merambah di kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia dan Indonesia. Bahkan perusahaan berkongsi dengan PT Lippo Cikarang Tbk membangun kawasan industri Lippo Cikarang. 

Berkah black friday 

Kisah serupa juga terjadi pada Jeff Bezos. Bos raksasa e-commerce asal Amerika Serikat ini memang bukan pertama kali disebut sebagai orang tajir sejagat raya mengeser posisi Bill Gates. 

Harta Jeff Bezos mencapai US$ 105,1 miliar pada Senin di Bloomberg Billionaires Index karena lonjakan saham Amazon.com Inc selama 12 bulan. Nilai pasar raksasa belanja online tersebut hampir 57%.

Sponsored

Saham Amazon telah meningkat 6,6% pada tahun ini. Fortune melaporkan bahwa perusahaan yang berbasis di Seattle tersebut berhasil meraup untung dari belanja online dalam periode lima minggu setelah Thanksgiving di AS sejak musim belanja liburan Black Friday.

Lompatan terakhir telah membuat Bezos mencapai total harta melampaui oleh Bill Gates yang kekayaan bersihnya mencapai US$ 93,8 miliar dan kekayaannya mencapai US$ 100 miliar. Selain bisnis e-commerce, Bezos juga mengendalikan bisnis eksplorasi antariksa jarak jauh Blue Origin dan Washington Post.

Meraup cuan dari kematian

Meraup cuan dari kematian

Jumat, 28 Feb 2020 06:06 WIB
Berita Lainnya