sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

KBRI Riyadh pulangkan puluhan WNI dari Saudi

Sebagian besar WNI yang dipulangkan merupakan korban TPPO.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 14 Sep 2020 11:41 WIB
KBRI Riyadh pulangkan puluhan WNI dari Saudi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 278722
Dirawat 61379
Meninggal 10473
Sembuh 206870

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Riyadh telah memulangkan 32 warga negara Indonesia (WNI) dari Arab Saudi yang sebelumnya ditampung di shelter KBRI setempat.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin (14/9), menyebut sebagian besar WNI yang dipulangkan dari Saudi merupakan korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Selain itu, ada juga mereka yang menderita penyakit sehingga harus direpatriasi.

Kemlu RI menyatakan bahwa KBRI Riyadh konsisten memberikan bantuan bagi para WNI. Bahkan, seorang WNI dilaporkan akhirnya berhasil dipulangkan setelah sempat empat kali gagal terbang karena masalah pemeriksaan sidik jari.

Para WNI dipulangkan ke Tanah Air menggunakan penerbangan maskapai Garuda Indonesia yang khusus diterbangkan untuk program repatriasi mandiri.

Sponsored

Sejauh ini, pesawat tersebut telah mengangkut total 361 penumpang ekonomi dan 26 penumpang bisnis yang merupakan para WNI yang melakukan repatriasi mandiri.

Sejak awal 2020 hingga kini, KBRI Riyadh telah berhasil memulangkan sedikitnya 420 WNI kurang beruntung yang sempat di tampung di shelter. Dari total jumlah tersebut, 390 merupakan perempuan.

Berita Lainnya