sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kim Jong Un bawa putrinya menonton sepak bola di stadion

Intelijen Korea Selatan meyakini namanya adalah Kim Ju Ae, tetapi media pemerintah belum mengonfirmasi hal ini sejak dia pertama kali muncul

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Sabtu, 18 Feb 2023 07:48 WIB
Kim Jong Un bawa putrinya menonton sepak bola di stadion

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menghadiri pertandingan sepak bola pada hari Jumat untuk merayakan ulang tahun mendiang kakeknya Kim Jong Il. Yang menarik, Jong Un membawa putrinya. Ini menandai penampilan pertama putrinya di sebuah acara yang tidak secara terbuka terkait dengan mempromosikan senjata nuklir.

Laporan itu sekali lagi tidak menyebutkan nama putri Kim. Intelijen Korea Selatan meyakini namanya adalah Kim Ju Ae, tetapi media pemerintah belum mengonfirmasi hal ini sejak dia pertama kali muncul bersama pemimpin DPRK dalam sebuah laporan tentang uji coba rudal nuklir jarak jauh November lalu.

Perdebatan sedang berlangsung tentang apakah Kim telah secara resmi menunjuknya sebagai penggantinya atau jika dia berfungsi sebagai alat propaganda untuk mempromosikan umur panjang nuklir negara dan kepemimpinan keluarga Kim secara umum.

Beberapa ahli telah menyarankan bahwa media pemerintah dapat memberikan sinyal yang lebih jelas bahwa dia adalah pemimpin yang dipersiapkan karena mulai bergabung dengan ayahnya dalam inspeksi non-militer. Sementara pertandingan olahraga tidak menyentuh topik senjata seperti penampilan sebelumnya, dia masih belum muncul di acara yang tidak berhubungan dengan militer.

Menonton dari box suite

Acara tersebut berlangsung Jumat di Kompleks Olahraga Tentara Rakyat Korea (KPA) di tenggara Pyongyang, di seberang jalan dari pusat pelatihan parade militer Mirim, menurut analisis NK News dari foto yang diterbitkan dalam laporan media pemerintah.

Bergabung dengan Kim dan putrinya di box suite stadion adalah Perdana Menteri Kabinet Kim Tok Hun dan pejabat politik lainnya serta menteri pertahanan Kang Sun Nam dan pejabat tinggi militer. Adik pemimpin Kim Yo Jong juga muncul dalam foto.

Sementara Kim muncul di depan umum di Pyongyang pada hari-hari sebelum dan sesudah liburan Hari Bintang Cemerlang 16 Februari, media pemerintah belum melaporkan kegiatannya pada hari libur itu sendiri. Dia tampaknya melewatkan kunjungan tradisionalnya ke mausoleum Kim Jong Il.(nknews)

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid