sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

KTM OKI: Indonesia dukung Palestina, tolak proposal Trump

KTM Luar Biasa OKI diselenggarakan di Jeddah, Arab Saudi, pada Senin (3/2).

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Selasa, 04 Feb 2020 09:05 WIB
KTM OKI: Indonesia dukung Palestina, tolak proposal Trump
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 385.980
Dirawat 63.556
Meninggal 13.205
Sembuh 309.219

Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Mahendra Siregar mendesak seluruh anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) tetap bersatu dan berkomitmen dalam solidaritas penuh untuk Palestina. Hal tersebut disampaikan Mahendra saat menghadiri Konferensi Tingkat Menteri (KTM) Luar Biasa Komite Eksekutif OKI di Jeddah, Arab Saudi, Senin (3/2).

Dilansir Kementerian Luar Negeri dalam situsnya, KTM ini diselenggarakan atas permintaan Palestina untuk merespons proposal perdamaian Timur Tengah atau yang disebut pula "Kesepakatan Abad Ini", yang diumumkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Selasa (28/1).

Dalam KTM OKI, Mahendra mengungkapkan tiga saran tentang bagaimana OKI dapat mencapai posisi bersama. 

Pertama, menegaskan kembali agar uma​t Islam di seluruh dunia konsisten bersatu dalam penyelesaian permasalahan di Palestina dan Al-Quds Al-Sharif. Kedua, menegaskan kembali prinsip-prinsip solusi dua negara (two-state solution) yang menghormati hukum internasional dan parameter yang disepakati secara internasional, sebagai satu-satunya solusi dalam penyelesaian masalah di Palestina.

Sponsored

Dan ketiga, menegaskan kembali pentingnya dialog di antara pihak-pihak terkait untuk mencapai stabilitas dan perdamaian abadi untuk Palestina dan kawasan.

Mahendra juga mendorong negara-negara OKI untuk tetap konsisten dengan keputusan yang telah dibuat sebelumnya dan terus bersatu dalam menyikapi pengumuman AS yang tidak berdasar pada hukum internasional dalam mempertahankan status kota Yerusalem.

Berita Lainnya