sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Inggris berduka, Pangeran Philip tutup usia

Pangeran Philip sempat jalani perawatan di rumah sakit selama sebulan.

Valerie Dante
Valerie Dante Jumat, 09 Apr 2021 19:12 WIB
Inggris berduka, Pangeran Philip tutup usia

Istana Buckingham pada Jumat (9/4) mengumumkan bahwa Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II, meninggal pada usia 99 tahun. "Dengan kesedihan yang mendalam Yang Mulia Ratu telah mengumumkan kematian suaminya yang tercinta, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh," tutur pernyataan Istana Buckingham.

Lebih lanjut, istana menyatakan bahwa Pangeran Philip "meninggal dengan damai pada pagi ini di Kastil Windsor". Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan Philip telah menjadi ilham bagi banyak orang muda.

"Beliau membantu mengarahkan keluarga kerajaan dan monarki sehingga tetap menjadi institusi yang sangat penting untuk keseimbangan dan kebahagiaan kehidupan nasional kita," tutur PM Johnson dalam sebuah pernyataan yang disampaikan dari Downing Street.

Johnson mengatakan, dia menerima berita kematian Duke of Edinburgh dengan hati sangat sedih. "Pangeran Philip mendapatkan kasih sayang dari generasi ke generasi di seluruh negeri dan dunia," lanjutnya.

PM Johnson juga mengenang Pangeran Philip sebagai salah satu pahlawan yang bertempur dalam Perang Dunia II. "Dari konflik itu dia mengambil etika pelayanan yang dia terapkan selama perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya di era pasca-PD II," lanjut Johnson.

Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon mengatakan dirinya sangat sedih ketika mendengar kabar dukacita tersebut. "Saya mengirimkan belasungkawa pribadi dan terdalam kepada Yang Mulia Ratu dan keluarganya," ungkapnya.

Pemimpin Partai Buruh Sir Keir Starmer mengatakan Inggris telah kehilangan pelayan negeri yang luar biasa. Pangeran Philip menikah dengan Elizabeth pada 1947, lima tahun sebelum dia dinobatkan menjadi Ratu Inggris.

Pada Maret, Duke of Edinburgh meninggalkan rumah sakit setelah menerima perawatan selama sebulan. Dia menjalani prosedur untuk penyakit jantung di rumah sakit London lainnya, St Bartholomew's.

Sponsored

Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II memiliki empat anak, delapan cucu, dan 10 cicit. Putra pertama mereka, Pangeran Charles, lahir pada 1948, diikuti oleh saudara perempuannya, Putri Anne pada 1950, Pangeran Andrew pada 1960 dan Pangeran Edward pada 1964.

Pangeran Philip lahir di Pulau Corfu, Yunani, pada 10 Juni 1921. Ayahnya adalah Pangeran Andrew dari Yunani dan Denmark, putra bungsu Raja George I dari Hellenes. Ibunya, Putri Alice, adalah cicit Ratu Victoria.

Sumber : BBC

Berita Lainnya