sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemimpin dunia berdukacita atas kematian Pangeran Philip

Istana Buckingham pada Jumat (9/4) mengumumkan bahwa Philip, suami Ratu Elizabeth II, telah meninggal dunia pada usia 99 tahun.

Valerie Dante
Valerie Dante Sabtu, 10 Apr 2021 20:02 WIB
Pemimpin dunia berdukacita atas kematian Pangeran Philip

Pemimpin negara dan pejabat tinggi di seluruh dunia pada Sabtu (10/4) mengirimkan penghormatan dan ucapan dukacita yang tulus atas meninggalnya Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, pada usia 99 tahun.

Istana Buckingham pada Jumat (9/4) mengumumkan bahwa Philip, suami Ratu Elizabeth II, telah meninggal dunia. 

Salah satu pemimpin dunia yang menyampaikan ucapan belasungkawa adalah Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

"Beliau benar-benar seorang pria yang luar biasa ... berusia 99 tahun tetapi tidak pernah lelah sama sekali," tutur Biden.

Selain Biden, mantan Presiden AS lainnya yang masih hidup juga mengirimkan ucapan dukacita.

Barack Obama, salah satu dari 18 Presiden AS yang menjabat selama Philip hidup, mengatakan bahwa sang pangeran segera membuat dia dan istrinya, Michelle, merasa nyaman ketika berkunjung ke Inggris.

Sementara itu, Donald Trump mengatakan Pangeran Philip telah mendefinisikan martabat dan keanggunan Inggris. 

Pangeran Philip memiliki hubungan darah dengan sejumlah mantan atau anggota keluarga kerajaan Eropa saat ini, dan banyak dari mereka mengirimkan ucapan belasungkawa.

Sponsored

Raja Felipe dan Ratu Letizia dari Spanyol memberikan telegram kepada Ratu Elizabeth II.

"Kami tidak akan pernah melupakan saat-saat bersamanya," kata mereka kepada ratu.

Sementara itu, Raja Swedia Carl Gustaf mengatakan bahwa Philip telah menjadi teman baik keluarga kerajaan mereka selama bertahun-tahun, dengan hubungan yang sangat berharga.

Juru bicara keluarga kerajaan Swedia Margareta Thorgren mengatakan bahwa Raja Gustaf dan Pangeran Philip sempat berlayar bersama di Inggris.

Keluarga kerajaan Belanda menyatakan mereka mengingat Pangeran Philip sebagai lelaki yang sangat terhormat. 

"Kepribadiannya yang hidup membuat kesan yang tidak akan terlupakan," sebut mereka dalam sebuah pernyataan. 

Ucapan duka juga datang dari Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

"Beliau merupakan wujud dari generasi yang tidak akan pernah kita lihat lagi," kata PM Morrison. "Beliau adalah pria yang teguh, bisa diandalkan, dan selalu berdiri di samping sang ratu."

Sementara itu, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan Duke of Edinburgh telah berkontribusi begitu banyak pada tatanan sosial negara dan dunia.

"Kami akan mengingatnya sebagai pilar dalam kehidupan Ratu Elizabeth II," ujar Trudeau.

Perdana Menteri Pakistan Imran Khan mengatakan, Philip telah menjadi pemimpin yang bijaksana dan perannya dalam mempromosikan hubungan Pakistan-Inggris akan selalu diingat.

Selain itu, Perdana Menteri India Narendra Modi juga memuji Pangeran Philip yang mendedikasikan hidupnya untuk melayani rakyat Inggris.

Presiden Kenya Uhuru Kenyatta mengatakan bahwa Philip telah menjadi simbol dari nilai keluarga yang menjulang tinggi dan persatuan rakyat Inggris serta seluruh komunitas global.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menuturkan bahwa Pangeran Philip telah menjadi pejabat negeri yang sempurna dan akan sangat dirindukan oleh dunia.

Dalam sebuah telegram kepada Ratu Elizabeth II, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Pangeran Philip pantas menerima penghormatan baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Dari Eropa, Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan persahabatan Pangeran Philip dengan Berlin, sifatnya yang terus terang, dan rasa tanggung jawabnya akan selalu dikenang.

Sumber : BBC

Berita Lainnya