close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Foto: Facebook
icon caption
Foto: Facebook
Dunia
Kamis, 06 Juli 2023 07:04

Pengadilan El Savador tambah hukuman penjara ex Presiden Mauricio Funes

Pada akhir Mei, pengadilan lain menghukum Funes 14 tahun penjara karena bernegosiasi dengan geng jalanan yang kuat di negara itu.
swipe

Pengadilan El Salvador menjatuhkan hukuman enam tahun penjara kepada mantan Presiden Mauricio Funes karena penggelapan pajak, Rabu (5/7). Ini adalah kedua kalinya, dalam hampir sebulan, pengadilan telah menghukum mantan pemimpin itu secara in absentia.

Jaksa menuntut hukuman delapan tahun penjara terhadap Funes, yang tinggal di Nikaragua.

Pada akhir Mei, pengadilan lain menghukum Funes 14 tahun penjara karena bernegosiasi dengan geng jalanan yang kuat di negara itu selama pemerintahannya.

El Salvador telah mengejar Funes, 64, yang memerintah dari 2009 hingga 2014, atas dugaan kejahatan lain setidaknya dalam setengah lusin kasus. Nikaragua memberinya kewarganegaraan pada 2019.

Funes adalah mantan presiden Salvador kedua yang dijatuhi hukuman penjara karena aktivitas ilegal selama pemerintahannya. Pada tahun 2018, mantan Presiden Tony Saca dijatuhi hukuman 10 tahun penjara setelah mengaku bersalah mengalihkan lebih dari US$300 juta dana negara. Dia adalah pendahulu Funes, memerintah dari 2004 hingga 2009.

El Salvador mengubah undang-undangnya tahun lalu untuk memungkinkan persidangan in absentia.

Jaksa menuduh Funes menghindari pajak sekitar US$85.000 pada tahun 2014, tahun terakhirnya menjabat. Pengadilan memerintahkan dia untuk membayar denda dan bunga sebesar US$200.000.

Artikel ini ditulis oleh :

img
Fitra Iskandar
Reporter
img
Fitra Iskandar
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan