logo alinea.id logo alinea.id

Pesawat kargo militer jatuh di Iran, 15 orang tewas

Lokasi kecelakaan berada di antara bandara Fath dan Payam.

Khairisa Ferida Senin, 14 Jan 2019 18:27 WIB
Pesawat kargo militer jatuh di Iran, 15 orang tewas

Sebuah pesawat kargo militer Boeing 707 jatuh di tengah cuaca buruk pada Senin (14/1) di bagian barat ibu kota Iran hingga menewaskan 15 dari 16 orang di dalamnya. Penjelasan tersebut disampaikan militer Iran.

"Satu ahli teknik di pesawat tersebut selamat dan dibawa ke rumah sakit", ungkap militer dalam pernyataan yang dimuat oleh kantor berita Fars.

Pesawat itu jatuh di dekat Bandara Fath dekat Karaj di provinsi Iran tengah, Alborz.

"Pesawat kargo Boeing 707 yang sedang mengangkut daging dari Bishkek di Kyrgyzstan melakukan pendaratan darurat di Bandara Fath hari ini ... Petugas teknik pesawat itu sudah dibawa ke rumah sakit," ujar militer.

"Pesawat keluar dari landasan pacu ketika sedang melakukan pendaratan dan terbakar setelah menghantam ujung landasan," sebut pihak militer.

Pernyataan militer dikeluarkan setelah kebingungan muncul soal siapa pemilik pesawat tersebut.

Sebelumnya pada Senin, juru bicara badan penerbangan sipil Iran mengatakan kepada stasiun televisi negara bahwa pesawat itu milik Kyrgyzstan. Pada saat yang sama, juru bicara Bandara Manas Kirghizstan mengatakan Payam Air Iran sebagai pemilik pesawat nahas tersebut.

Televisi negara melaporkan bahwa tim penyelamat telah dikerahkan ke lokasi kecelakaan, yang berada di antara bandara Fath dan Payam.

Sponsored

Gambar-gambar yang ditayangkan televisi memperlihatkan reruntuhan pesawat dalam keadaan terbakar dan asap menggumpal dari lokasi tersebut. (Ant)