sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

PM Kanada puji respons Korea Selatan dalam menangani Covid-19

Trudeau menilai bahwa Korea Selatan berhasil belajar dari pengalamannya ketika menghadapi wabah MERS pada 2015.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Jumat, 27 Mar 2020 08:01 WIB
PM Kanada puji respons Korea Selatan dalam menangani Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Kamis (26/3) dilaporkan memuji Korea Selatan dalam menanggapi krisis coronavirus jenis baru. Hal tersebut disampaikan PM Trudeau saat mengadakan pembicaraan telepon dengan Presiden Moon Jae-in selama setengah jam.

"PM Trudeau memuji Negeri Ginseng atas penanganan krisis berbasis sains tanpa beban berlebihan pada sistem medis dan berujung pada prestasi dalam melindungi keselamatan rakyat," ujar juru bicara Blue House Kang Min-seok.

Trudeau disebut juga mengatakan bahwa Korea Selatan berhasil belajar dari pengalamannya setelah menghadapi wabah MERS pada 2015.

Kanada pun berencana mengikuti model yang mirip dengan langkah-langkah yang diterapkan Korea Selatan, menekankan bahwa pengujian dan pelacakan yang luas dan cepat sangat penting dalam mencapai keberhasilan.

Sementara itu, dalam percakapannya via teleponnya dengan PM Trudeau, Presiden Moon menjelaskan secara rinci tentang langkah-langkah pemerintahannya dan menggarisbawahi bahwa Seoul bersedia untuk berbagi pengalaman dan data klinis yang relevan dengan komunitas internasional.

PM Trudeau menjawab bahwa langkah itu akan menawarkan banyak pelajaran. Dia pun mengungkap harapan atas terjalinnya dialog antara otoritas kesehatan kedua negara.

Dalam kesempatan yang sama, PM Trudeau menyatakan dukungannya atas larangan masuk terbatas yang diterapkan Korea Selatan pada pendatang dari China dan sejumlah negara, menggambarkannya sebagai keputusan yang tepat. Kanada sendiri, menurutnya, tidak punya pilihan selain menutup perbatasan dengan Amerika Serikat.

Trudeau dilaporkan juga telah meminta pasokan barang dari Korea Selatan. Tidak ada rincian lebih lanjut terkait hal ini.

Sponsored

Pembicaraan telepon PM Trudeau dan Presiden Moon Jae-in terjadi beberapa jam sebelum KTT G-20 via konferensi video yang fokus membahas respons global yang terkoordinasi terkait Covid-19.

Istri PM Truadeau, Sophie Grégoire Trudeau, dikonfirmasi positif Covid-19. Dalam percakapannya dengan Presiden Moon, PM Trudeau mengabarkan bahwa Sophie telah hampir sembuh sepenuhnya.

Pembicaraan dengan PM Trudeau merupakan diplomasi puncak terbaru Presiden Moon Jae-in di tengah krisis Covid-19. Pada awal bulan ini dia telah berbincang dengan Presiden AS Donald Trump dan pemimpin sejumlah negara lain seperti Prancis, Swedia, Spanyol, dan Arab Saudi.

Korea Selatan mencatat lebih dari lebih dari 9.200 kasus infeksi Covid-19. Dari jumlah tersebut, lebih dari 130 meninggal dan lebih dari 4.000 sembuh. Sedangkan kasus positif di Kanada melampaui 3.500, dengan 36 kematian dan lebih dari 180 pulih. (Yonhap)

Berita Lainnya